Home » Ekonomi » Kontribusi Luwuk Shopping Mall Rendah
Kontribusi Luwuk Shopping Mall Rendah
Luwuk Sopping Mall kini berdiri diatas tanah Pemda Banggai, yang sebelumnya terdapat terminal dan pusat perbelanjaan. Hanya saja, manfaat dari kerja sama penggunaan tanah Pemda Banggai ini tidak jelas.

Kontribusi Luwuk Shopping Mall Rendah

LUWUK—Kontribusi Luwuk Sopping Mall (LSM) terhadap pendapatan daerah masih terbilag rendah. Kontrak kerja sama antara Pemda Banggai dan pengembang Luwuk Sopping Mall dalam pemanfaatan tanah di lokasi LSM tersebut, tidak memberikan dampak terhadap pendapatan daerah.
Disebutkan, PAD yang diterima daerah atas penggunaan tanah eks pasar shopping dan terminal itu, hanya berasal dari retribusi parkir saja yang nilainya hanya sebesar Rp18 juta per tahun. “Yang jelas rendah, kalau tidak salah Rp18 juta saja per tahun,” kata Anggota Komisi III DPRD Banggai Jufri R Diko.
Ia mengatakan, potensi retribusi parkir ditempat itu harus dilakukan uji petik. “Kami akan uji petik nanti,” tuturnya.
Masalah diseputar Luwuk Soppiing Mall sebetulnya merupakan masalah klasik. Pasalnya, terdapat ketidak jelasan pengelolaan tanah Pemda tersebut. Pihak pengembang Luwuk Sopping Mall bahkan tidak merealisasikan pembangunan hotel di kawasan itu, yang sebelumnya sudah dijanjikan.
Sudah begitu, kontrak kerja sama antara Pemda Banggai dan pihak pengembang juga tidak diketahui dengan jelas, khususnya mengenai manfaat atas penggunaan tanah untuk kepentingan komersil diluar pemerintah daerah. (far)

About uman