Home » Politik » DPRD Diminta Bersikap
DPRD Diminta Bersikap
Adar Lasalimu

DPRD Diminta Bersikap

LUWUK—DPRD kabupaten Banggai diminta tak tinggal diam merespon persoalan anggaran Pilkada yang terus menuai pro kontra. Desakan tersebut datang dari sejumlah akademisi serta aktivis perguruan tinggi. Salah seorang pegiat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Luwuk, Adar Lasalimu mengatakan, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan sudah seharusnya DPRD melakukan hearing untuk mencari kejelasan terkait penggunaan anggaran Pilkada yang dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Banggai.
“Supaya tidak menjadi fitnah atau isu semata serta untuk mencegah anggaran tidak dimakan tikus, DPRD harus melakukan hearing dengan memanggil KPU untuk mepertanyakan penggunaan anggaran per itemnya,” ungkap Adar, Minggu (10/1).
Jika saat pelaksanaan hearing segala bentuk dugaan segelintir pihak itu terlihat maka, DPRD harus melakukan penelusuran lanjut. Bila perlu, lanjut dia, dalam melakukan itu lembaga penegak hukum (Pengadilan dan Kejaksaan,red) harus dilibatkan.
“Jangan tunggu persoalan ini berlarut sehingga terlupakan begitu saja. Yang harus diingat adalah, begitu besar uang rakyat yang digelontorkan pemerintah kepada KPU, yakni Rp 26 miliar, itu uang rakyat,” tutur dia.
Jangan sampai, sambungnya, akibat kecurigaan yang belum jelas kebenarannya melunturkan kepercayaan rakyat terhadap KPU sebagai institut penyelenggara demokrasi.(man)

About uman