Home » Banggai Kepulauan » DPRD Desak Pemda Bangkep
DPRD Desak Pemda Bangkep
DELMARD SIAKO

DPRD Desak Pemda Bangkep

SALAKAN—Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) didesak menyikapi informasi mengenai dana bagi hasil eksploitasi minyak dan gas (migas) blok Senoro yang berada di kecamatan Batui, kabupaten Banggai yang disinyalir masuk dalam wilayah administrasi Bangkep.
Desakan tersebut datang dari sejumlah fraksi DPRD Bangkep. Juru bicara fraksi Gesid, Rahman H Makmur menyampaikan supaya Pemda Bangkep tidak berdiam diri menanggapi persoalan tersebut. Itu menyusul rendahnya dana bagi hasil yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemda Bangkep sehingga dianggap merugikan masyarakat secara keseluruhan.
“Masalah ini harus menjadi perhatian serius untuk diperjuangkan,” tekan Rahman, Jumat akhir pekan lalu.
Hal serupa juga dikatakan Ketua Fraksi Golkar, Delmard Siako. Ia meminta, Pemda secepatnya membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti berbagai desakan terkait hal itu.
“Harus ada tim khusus yang menangani masalah ini. Saya berharap Pemda segera membentuknya demi memperjuangkan hak dan aspirasi rakyat atas kekayaan alam berupa migas yang sebagian besar berada di wilayah adminitrasi Bangkep,” ungkap Delmad.
Terpisah, Ketua DPRD Bangkep Muh Risal Arwie. mengatakan pemda dan DPRD Bangkep harus berkomitmen untuk memperjuangkan hak atas dana bagi hasil eksploitasi migas di blok Senoro secara bersama-sama menyusul mulai terkuaknya fakta tentang peta kawasan migas di blok Senoro yang sebagian besar jalurnya berada di wilayah adminitrasi Kabupaten Bangkep, tepatnya di Kecamatan Buko dan Buko Selatan.  (wan)

About uman