Home » Metro Luwuk » Dana Cair 100 Persen
Dana Cair 100 Persen
Proyek trotoar hingga kini belum selesai. Padahal, masa pengerjaan sudah habis. Nampak, kondisi trotoar di depan Rujab Bupati Banggai, belum lama ini.

Dana Cair 100 Persen

LUWUK— Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Kabupaten Banggai melakukan pencairan seluruh dana proyek tahun 2015, meskipun pelaksanaan proyek tersebut belum terselesaikan hingga 31 Desember 2015.
Seperti yang terjadi pada proyek pembangunan trotoar sebesar Rp444 juta lebih yang dikerjakan oleh CV.Sidapore Bersaudara. Dalam kontrak. proyek tersebut  harus sudah selesai pada tanggal 22 Desember 2015, namun hingga tanggal berakhir kontrak, CV.Sidapore belum menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Bahkan, hingga 31 Desember 2015, pekerjaan pembangunan trotoar di pusat kota Luwuk itu, belum juga dituntaskan. Hanya saja, Pihak Dinas Perumahan Tatakota dan Ruang (Dispetarung) Kabupaten Banggai telah mengajukan SPP untuk pembayaran proyek tersebut 100 persen. Pihak BPKAD Kabupaten Banggai juga disebutkan telah menerbitkan pencairan dana 100 persen melalui penerbitan SP2D per 31 Desember 2015 yang lalu. Padahal, seperti diketahui, proyek tersebut belum selesai dikerjakan 100 persen.
PPK proyek trotoar Dispetarung, Redrigo Pompana yang dikonfirmasi terkait pencairan dana tersebut, berdalih pencairan 100 persen itu dilakukan meski realisasi pekerjaan belum mencapai 100 persen tersebut, dilakukan untuk menyelematkan dana agar tidak dikembalikan ke kas negara pada posisi 31 Desember 2015.
Sebab menurut dia, jika tidak dicairkan dari kas daerah pada 31 Desember 2015, maka dana tersebut harus dikembalikan ke kas negara.
“Anggaranya belum cair, perusahaan hanya mengurus SP2D. Karena kalau tidak sisa anggaran proyek tesebut akan dikembalikan ke negara,” tandasnya.(awi)

About uman