Home » Berita Utama » Pengidap AIDS Makin Banyak
Pengidap AIDS Makin Banyak
Rampia Lamiri

Pengidap AIDS Makin Banyak

LUWUK– Hingga Oktober 2015 lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai mencatat jumlah pengidap HIV/AIDS di kota ini sebanyak 67 orang. Jumlah ini, jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.
Dijelaskan, dari jumlah 67 orang itu, yang paling dominan terkena penyakit mematikan itu terjadi di usia produktif antara 30-40 tahun.
“Termasuk kalangan profesi semuanya juga ada. Baik itu PNS,TNI, Polri dan swasta,” kata Sekertaris Dinkes Banggai, Rampia Lamiri, Jumat (8/1).
Selain itu, Rampia mengungkapkan, dari 23 kecamatan di Kabupaten Banggai, terdapat 14 kecamatan yang positif mengidap penyakit tersebut. Namun, kata dia, yang paling mendominasi justru terjadi di wilayah Kecamatan Luwuk, kemudian disusul oleh Kecamatan Luwuk Selatan, Batui dan kecamatan kecamatan lainnya.
“Ada dari Simpang Raya mengidap HIV setelah dia pulang kerja bertahun tahun dari Jakarta. Malah ada juga tukang ojek dari Kecamatan Balantak,” bebernya.
Rampia menjelaskan, penularan penyakit sosial mematikan itu terjadi akibat hubungan seksual diluar nikah atau gonta ganti pasangan. Sehingga, kata dia, penularannya melalui cairan sperma, air susu, vagina dan darah.
“Namun kasus yang paling terbanyak biasanya akibat hubungan seksual,” paparnya.
Penyakit HIV/AIDS, dijelaskannya lebih jauh, tidak sama dengan penyakit lainnya seperti hepatitis. Meskipun penyakit hepatitis tersebut tidak bisa disembuhkan. Namun, dunia tetap melarang stigma dan diskriminatif bagi penderita. “Sebab itu berkaitan dengan norma. Karena itu, kami berharap pihak rumah sakit jangan sampai melahirkan stigma lebih dahulu ketimbang dinas kesehatan,” tutupnya. (tr-33)

About uman