Home » Ekonomi » Nasib BUMD Banggai Sejahtera Tidak Jelas
Nasib BUMD Banggai Sejahtera Tidak Jelas
Jufri R Diko

Nasib BUMD Banggai Sejahtera Tidak Jelas

LUWUK— Hingga saat ini nasib Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT.Banggai Sejahtera tidak kelas. Status kepengurusan hingga kegiatan usahanya, hingga kini masih kabur dan tidak jelas. Padahal, BUMD tersebut dibentuk untuk mendorong pendapatan daerah.
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banggai Jufri Diko mengatakan, sejak awal dibentuk, posisi Banggai Sejahtera memang tidak begitu baik. Pasalnya, struktur kepengurusan disusun tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya, sebagaimana diatur dalam Perda pembentukan BMUD.
Jufri merupakan salah satu Anggota DPRD yang terlibat dalam penerbitan Perda BUMD. Kata dia, dalam regulasi tersebut dirinya sejak awal sudah menyisipkan pasal yang mengatur perlunya proses fit and proper test di DPRD Banggai terhadap calon direktur BUMD, sebelum akhirnya di angkat oleh kepala daerah.
Hanya saja, kata dia, struktur yang dibentuk Pemda Banggai untuk BUMD Banggai Sejahtera, dengan munculnya nama Bosman Lanusi sebagai direktur, tidak dilakukan melalui fit and proper test di lembaga DPRD. “Makanya saya bilang memang sejak awal penyusunannya sudah keliru,” katanya.(far)

About uman