Home » Ekonomi » Harga Ikan Relatif Normal
Harga Ikan Relatif Normal
Penjual Ikan

Harga Ikan Relatif Normal

LUWUK-Tempat pelelangan ikan (TPI) yang terdapat di kompleks Tanjung Kelurahan Karaton ramai dengan pengunjung.
Pantauan Luwuk Post, Jumat (8/1) banyak aktifitas dilakukan, mulai dari proses pembongkaran ikan dari kepal penampung hingga proses jual beli. Banyak jenis ikan yang dijual di TPI itu. Seperti, kerapu, tongkol, bawal, cakalang dan beberapa jenis ikan dasar lainnya.
Harga ikan pun berbeda sesuai dengan jenis dan ukurannya. Namun harganya masih terbilang normal dan tidak ada kenaikan. Ikan kerapu dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram, tongkol Rp 20 ribu perkilogram, ikan bawal Rp 40 ribu perkilogram serta ikan lainnya yang hanya berkisar Rp 20 hingga 40 ribu perkilogram.
Seorang pedagang, Hasria menyatakan, ikan yang masuk ke kota Luwuk melalui TPI berasal dari wilayah Banggai Laut (Balut) dan Banggai Kepulauan (Bangkep). Setiap harinya kapal penampung ikan bisa mencapai 2 hingga 3 kapal.
“Kualitas ikan di TPI segar-segar, karena baru selesai ditangkap. Harga pun terjangkau. Pokoknya puas kalau dimakan,” serunya.
Ia menambahkan, pada perayaan natal dan tahun baru TPI ramai dengan pengunjung maupun kapal penampung ikan. “Kalau tahun baru itu sangat ramai. Tapi kalau sekarang pengunjungnya  agak kurang,” terang wanita berjilbab itu. (tr-37)

About uman