Home » Metro Luwuk » BBM Mobil Sampah Habis
BBM Mobil Sampah Habis
7 mobil pengangkut sampah yang setiap harinya beroperasi akhirnya harus parkir. Akibat kehabisan Solar, Jumat (8/1).

BBM Mobil Sampah Habis

LUWUK– Sebanyak 7 mobil pengangkut sampah milik Dinas Perumahan, Tata Kota dan Ruang (Dispetarung) Kabupaten Banggai terpaksa harus berhenti beroperasi alias mogok. Pasalnya, stok bahan bakar solar yang disediakan Dispetarung habis total.
Menurut seorang sopir yang namanya tak mau dikorankan menyatakan, beberapa hari terakhir para sopir terpaksa harus berhutang di pedagang solar eceran. Langkah ini harus dilakukan untuk segera membuang sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Mololuntun.
“Sudah sekitar 4 hari ini stok solar di dinas mulai kosong. Untuk mobil tetap beroperasi, kami terpaksa harus hutang di pedagang solar eceran,” ujarnya, Kamis (8/1).
Ia menyatakan, kondisi ini terjadi sejak 1 Januari lalu. Para sopir kewalahan mencari solar. Akibatnya, membuang sampah ke TPA terhambat. Selain itu, kata dia, Dispetarung dinilai tidak memperhatikan kondisi kendaraan yang sangat membahayakan para sopir dan kernet.
“Ban saya ini sudah 2 tahun tidak pernah diganti. Coba lihat saja sudah botak. Trus rem mobil juga sudah tidak bagus. Keselamatan sopir bahaya juga,” ungkapnya.
Terpisah, Kepala Bidang Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan Lukman Mang menyatakan, pihaknya sudah menghubungi SPBU Antariksa agar segera memfasilitasi pengadaan bahan bakar solar.
“Kami sudah hubungi pihak Antariksa untuk mengisi solar di mobil sampah,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, kejadian seperti ini sering terjadi setiap awal tahun. Karena masuk tahun anggaran yang baru. “Kalau masuk awal Januari begini modelnya,” ungkap Lukman.
Mengenai kondisi kendaraan yang membahayakan sopir dan kernet, kata dia, barang yang menyangkut dengan perbaikan kendaraan sudah tersedia. Hanya para sopir belum membuat permintaaan. “Ban baru maupun alat lainnya sudah ada di gudang. Kami belum mengeluarkannya karena belum ada permintaan dari sopir,” terang Lukman. (awi)

About uman