Home » Metro Luwuk » Basri Siap Kawal Kasus Dugaan Pungli MTsN
Basri Siap Kawal Kasus Dugaan Pungli MTsN
Basri Pangantjo

Basri Siap Kawal Kasus Dugaan Pungli MTsN

LUWUK– Anggota Kelompok Peduli Pendidikan, Kabupaten Banggai, Basri Pangantjo, menyatakan, siap mengawal kasus dugaan pungli yang menyeret Kepala MTsN Luwuk, Abdul Sakkar, dan sejumlah pegawai lainnya di lingkup Kementerian Agama Banggai.
“Saya janji akan terus mengawal kasus ini sampai benar benar lahir sebuah keputusan hukum untuk menjerat pelaku,” tegas Basri, pria asal Desa Pagimana itu, Jumat (8/1) kemarin.
Menurut Basri, tidak ada celah sedikitpun bagi pelaku untuk menghindar dalam kasus itu. Sebab menurut dia, seluruh bukti sudah jelas dikantongi pihak kejaksaan. Termasuk, kata dia, mengenai keluhan masyarakat. Antaranya soal pengumpulan zakat, beban pungutan siswa yang sudah berlangsung cukup lama.
“Seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Banggai ini menantikan titik ending atas laporan kasus ini,” ujarnya.
Terkait ancaman yang dilontarkan Sakkar untuk menuntut balik jika tidak terbukti? Basri menegaskan, bagaimana mungkin akan melakukan hal itu sementara dia sendiri masih berurusan dengan proses hukum.
“Silakan kalau dia mau menuntut. Tapi saya sudah janji, bahkan siap dipecat. Namun, saya juga tidak akan pernah mundur sedikitpun jika dia (Sakkar-red) belum menerima konsekuensi hukum atas perbuatannya itu,” ungkapnya.
Basri mengatakan, tidak ada celah sedikitpun bagi pelaku mau mengelak dari persoalan ini. Pasalnya, kejahatan yang terbungkus rapi dalam simbol agama selama ini sudah cukup.
“Jangan lagi menutup kasus lumrah apalagi dengan menggunakan topeng sorban. Padahal sejatinya, itu adalah bagian dari kejahatan yang sengaja didesain dalam bentuk simbolisme agama,” tutupnya.(tr-33)

About uman