Home » Berita Utama » Ruang Anak RSUD Over Capacity
Ruang Anak RSUD Over Capacity
Sejumlah pasien terpaksa harus dirawat di lorong ruangan akibat over capacity, Rabu (6/1).

Ruang Anak RSUD Over Capacity

LUWUK-Upaya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk menambah ruangan untuk rawat inap anak sudah sangat mendesak. Pasalnya, ruangan teratai yang disediakan pihak RSUD sudah tidak mampu menampung pasien anak.
Amatan Luwuk Post, Rabu (6/1) ada pasien yang terpaksa dirawat di lorong ruang teratai. Bahkan, ada beberapa pasien yang harus tidur di luar ruangan.
Orangtua pasien yang ditemui koran ini mengaku lebih baik dirawat di luar ruangan karena ruangan yang tersedia sudah full dan tidak lagi mampu menampung pasien. “Lebih baik diluar, didalam itu sangat panas. Takutnya, anak kami tambah sakit karena kepanasan,” ujar wanita berjilbab itu.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Luwuk Disman mengungkapkan, kapasitas ruang teratai khusus anak hanya untuk 20 orang pasien. Namun, ruangan tidak bisa menampung lagi akibat banyak pasien yang dirawat. Apalagi, pasien anak tidak bisa digabung dengan pasien orang dewasa.  “Ruangan ini hanya bisa menampung 20 pasien. Karena pasien banyak, akhirnya mereka dirawat dilorong,” terang Disman.
Untuk mengantisipasi hal itu,  pihaknya sementara menggenjot pembangunan ruang rawat inap yang baru. Sebab, kapasitas seluruh ruangan di RSUD tidak mampu lagi menampung pasien. “Kapasitas tempat tidur hanya untuk 200 pasien. Sementara pasien yang terdaftar untuk saat ini sekira 180 pasien. Pasti akan bertambah lagi pasiennya,” paparnya.
Disman juga menyatakan, lonjakan pasien terjadi karena kasus deman berdarah (DBD) yang merebak seiring musim hujan belakangan ini.
Selain masalah ruangan, air yang disuplai di rumah sakit juga dikeluhkan pasien. “Airnya berwarna kecoklatan. Dalam sehari hanya jam 8 pagi, jam 6 sore dan jam 11 malam air mengalir. Jadinya, warga harus menampung air menggunakan botol mineral,” kata Jamaludin, warga Desa Maahas yang ditemui di rumah sakit. (awi)

About uman