Home » Metro Luwuk » Humas PN Klarifikasi Jadwal Sidang Ko Julin
Humas PN Klarifikasi Jadwal Sidang Ko Julin
Sudirman SH

Humas PN Klarifikasi Jadwal Sidang Ko Julin

LUWUK– Humas Pengadilan Negeri (PN) Luwuk, Sudirman SH, mengklarifikasi tudingan terkait adanya dugaan kesengajaan pihak pengadilan mengulur waktu sidang terdakwa Yeriston Kusworo alias Kok Julin dalam kasus penimbunan BBM Ilegal jenis solar itu.
Sudirman mengatakan, pengadilan negeri bukannya tidak ingin memberikan kepastian mengenai pelaksanaan jadwal sidang Ko Julin tersebut. Namun,penundaan sidang selama ini dilakukan lantaran bertepatan dengan hari libur nasional.
“Buktinya, Selasa Sore (5/1) kemarin  kami melaksanakan sidang agenda pemeriksaan saksi. Bahkan saya sendiri yang jadi majelis hakimnya,” ungkapnya, Rabu (6/1), di PN Luwuk, kepada sejumlah wartawan.
Sudirman juga menyatakan, sidang lanjutan pemeriksaan saksi kembali digelar Senin (11/1) pekan depan dengan agenda yakni, menghadirkan keterangan saksi.
“Sebab masih ada sejumlah saksi yang akan diajukan oleh jaksa dalam perkara itu,” kata dia.
Terkait status hukum terdakwa Ko Julin, tetapi masih bisa bebas dan pergi dengan leluasa hingga keluar daerah? Sudirman menegaskan, produk pengadilan hanya dua yakni, tahanan dan putusan. Adapun soal pengalihannya, kata dia, itu tergantung pertimbangan dan keputusan dari majelis hakim pengadilan.
“Jadi kalau status penahanan kota itu 1/5, sedangkan untuk penahanan rumah 1/3,” tutupnya. (tr-33)

About uman