Home » Ekonomi » Diskop UKM Perioritaskan Dua Unggulan
Diskop UKM Perioritaskan Dua Unggulan
Hasanudin Indris

Diskop UKM Perioritaskan Dua Unggulan

LUWUK— Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banggai akan memberikan perhatian secara serius terhadap dua sektor unggulan yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 mendatang. Menurut Kepala Dinas koperasi dan UKM Kabupaten Banggai, Hasanudin Idris, dua hal yang menjadi perioritas unggulan dinas koperasi adalah mendorong pengelolaan sentra kelapa terpadu dan mendorong usaha produksi gula dari kelapa.
Saat ditemui kemarin, Hasanudin menjelaskan, produksi sektor perkebunan masyarakat yang terbesar di daerah ini adalah kelapa. Sehingga, butuh penanganan secara terpadu. Menurut dia, kelapa tidak hanya sekedar dijual dalam bentuk kopra, melainkan akan dimaksimalkan pengelolaannya terhadap seluruh sumber daya kelapa. Alasannya, nilai jual terhadap komiditi kelapa tidak hanya kopra, melainkan bisa dikelolah dalam banyak hal, seperti menjadi gula.
Sedangkan yang lainya bisa menjadi bahan baku industri rumahan yang dilaksanakan dan dikelolah oleh kelompok masyarakat.
“Kami merasa perlu mendorong dan menetapkan program unggulan, sebetulnya banyak, namun karena anggaran terbatas, kami masih fokus pada dua hal dulu, yakni gula dari kelapa, dan program kelapa terpadu yang dapat memaksimalkan semua potensi dan nilai jual komoditi kelapa,” tuturnya.
Beberapa koperasi yang menjadi mitra juga sudah dikomunikasikan, terkait dengan gagasan tersebut. Pasalnya, program tersebut tetap didorong untuk dilaksanakan oleh koperasi yang hidup sehat di tengah masyarakat. (far)

About uman