Home » Berita Utama » Anggaran PDAM Sudah Disiapkan
Anggaran PDAM Sudah Disiapkan
Evert Kuganda

Anggaran PDAM Sudah Disiapkan

LUWUK– Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai menyiapkan anggaran penyertaan modal PDAM Kabupaten Banggai. Hanya saja anggaran tersebut belum bisa dikucurkan karena DPRD masih harus menggodok peraturan daerah sebagai payung hukumnya.
Sebelumnya, anggaran pernyataan modal PDAM sempat memicu ‘perdebatan’ antara Ketua DPRD Banggai Samsul Bahri Mang dan Plt Direktur PDAM Benyamin Pongdatu.  “Pagu anggaran untuk PDAM itu sudah disiapkan. Bahkan sudah dibahas ditingkat Baleg. Namun untuk Raperda masih dikembalikan ke Kabag Hukum Setda Banggai,” kata Evert Kuganda, Ketua Baleg DPRD Banggai, Rabu (6/1). Anggaran PDAM yang disiapkan sekira Rp 9 miliar dan direncanakan akan dicairkan dalam tiga tahun anggaran.
Evert sependapat dengan Plt Direktur PDAM Kabupaten Banggai, Benyamin Pongdatu. Menurut dia, bisa tidaknya anggaran pernyataan modal dikucurkan bukan karena PDAM dijabat oleh direktur yang definitif atau bukan. “ Saya hanya meluruskan saja. Jadi bukan karena direktur PDAM definitif atau bukan. Hanya perdanya masih dibahas, kalau anggarannya sudah ada, tinggal menunggu perdanya saja,” katanya.
Dalam waktu dekat, kata Evert, rancangan peraturan daerah mengenai penyertaan modal untuk PDAM akan dibahas. “ Ada tiga agenda penting Baleg tahun 2016, salah satunya soal perda penyertaan modal,” ujarnya.
Evert memastikan penyertaan modal untuk PDAM akan diseriusi. Sebab, persoalan PDAM yang turut berdampak terhadap suplai air bersih kepada pelanggan di kota Luwuk sudah sangat  mengkhawatirkan. “Kebutuhan air bersih itu tidak bisa disepelekan, warga sudah sangat sangat mengeluh,” katanya.
Ia mengakui, selain debit air yang terus menurun, pipa bocor juga menjadi masalah yang dihadapi oleh PDAM Kabupaten Banggai. (van)

About uman