Home » Metro Luwuk » Pemda Perlu Naikkan Tarif Parkir
Pemda Perlu Naikkan Tarif Parkir
Uttu Mangkona

Pemda Perlu Naikkan Tarif Parkir

LUWUK— Kepala Seksi Perhubungan dan Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Uttu Mangkona, punya persepsi berbeda dalam mendongkrak target pencapaian PAD di Kabupaten ini.
Menurut Uttu, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Banggai, pemerintah daerah perlu mengubah tarif parkir dari Rp400 menjadi Rp1000.
“Ya, kalau mau PAD kita meningkat, satu satunya jalan adalah retribusi parkir dinaikkan lagi,” ujar Uttu, Selasa (5/12).
Uttu menilai, tarif parkir Rp400 yang diberlakukan selama ini terbilang sangat kecil. Sehingga peluang untuk mencapai target PAD sulit terealisasi.
“Ini setidaknya ditingkatkan lagi karena Rp400 tidak cukup dan terlalu sedikit,” nilainya.
Begitu juga, lanjut dia, dalam pengelolaannya harus jelas. Supaya tidak ada lagi oknum oknum tertentu yang sengaja “memainkan” itu. Jadi itu harus didukung dengan aturan dan sanksi tegas.
Uttu menyontohkan pengelolaan parkir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk. Kata dia, secara aturan yang diwajibkan hanya Rp400 tapi malah dipungut Rp1000 hingga Rp2000.
“Itu bisa terkecuali keikhlasan dari pengunjung, tanpa paksaan. Tapi intinya, upah pungut yang diterapkan Dishub hanya Rp400 tak lebih,” ucapnya, seraya menghimbau agar melaporkan ke Dishubkominfo jika ada masyarakat yang melihat langsung.(tr-33)

About uman