Home » Banggai Laut » Dana Desa Capai Rp 85 Miliar
Dana Desa Capai Rp 85 Miliar
Kepala Desa dan tim anggaran Desa bakal mendapat kewenangan yang cukup besar dalam mengelola kegiatan dan programnya terkait pemanfaatan Dana Desa. Nampak sejumlah kades mengurus pencairan dananya di BPMP-PD Balut, beberapa waktu lalu.

Dana Desa Capai Rp 85 Miliar

BANGGAI – Pembangunan berbasis desa mendapat perhatian makin serius dari pemerintah. Ini terbukti dengan adanya peningkatan besaran anggaran yang cukup signifikan pada APBD Balut tahun ini.
Pada perumusan anggaran APBD 2016, pemerintah kabupaten Banggai Laut  mengalokasikan dana sekira 20 persen dari APBD untuk 63 desa. Ini menyerap alokasi anggaran sekira Rp 85 miliar.
Kepala Dinas PPKA-D Balut, Idhamsyah MSi, mengatakan,  pemerintah kabupaten telah memberi keleluasaan yang cukup besar bagi aparatur pemerintahan di setiap desa untuk memanfaatkan alokasi dana sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan mengintervensi jauh ke dalam.
“Terserah Desa mau programkan apa. Tentu saja ada rambu-rambu anggaran yang harus ditaati,” kata dia.
Dalam hal ini lanjut dia, Pemkab khususnya BPMP-PD berkewajiban untuk memberikan pembinaan dan monitoring agar Dana Desa digunakan dengan baik dan tepat sasaran.
Diketahui besaran anggaran yang digelontorkan berbeda-beda untuk masing-masing Desa tergantung kondisinya masing-masing. Hal ini didasarkan pada parameter penilaian yang mencakup kondisi geografis, jumlah penduduk serta faktor ketersediaan sarana dan prasarana yang telah dimiliki.
“Kita akan serius menggarap ini. Pihak BPMP-PD juga terus gelar pelatihan untuk peningkatan sumber daya  aparat Desa,” tutupnya. (sbt)

About uman