Home » Politik » 2015, Baleg Nihil Perda
2015, Baleg Nihil Perda
Ibrahim Darise

2015, Baleg Nihil Perda

LUWUK-Dalam kurun waktu setahun terkahir, lembaga DPRD Banggai ternyata belum pernah menelurkan satupun Peraturan Daerah (Perda) yang dapat mengatur berbagai hal di Kabupaten Banggai. Badan Legislasi (Baleg) DPRD Banggai yang memiliki tupoksi dibidang itu disebut-sebut tidak bergerak, padahal ada anggaran khusus dalam pembuatan Perda tersebut.  Ibrahim Darise, Sekretaris Baleg saat dikonfirmasi mengenai hal itu tidak menampiknya. Ia menyebut selama ini tidak ada satupun Perda yang ditelurkan, karena memang tidak ada usulan dari Pemerintah Kabupaten Banggai terkait pembuatan regulasi itu.
“Tahun 2015 kemarin sempat katanya ada sekitar 7 perda yang akan diajukan, tapi kita tunggu sampai 31 Desember ternyata tidak pernah masuk ke DPRD,” imbuhnya, Selasa (5/1).
Meksi demikian, Ibrahim Darise menyebut di tahun 2016 ini jika memang usulan dari Pemda Banggai tidak ada, maka pihaknya bakal membuat Perda Inisiatif. “Rencananya pak ketua Baleg (Evert Kuganda, red) akan mengeluarkan dua perda inisiatif tahun ini, tapi coba konfirmasi langsung ke beliau,” jelas anggota Komisi II itu.
Terpisah, Oskar Paudi, anggota Baleg mengatakan belum mengetahui adanya rencana pembuatan perda inisiatif yang dikatakan Ibrahim. Namun, katanya, jika benar ada itu adalah hal yang sangat baik. “Kita berharap mudah-mudahan itu bisa dilahirkan, karena saya juga belum dapat infonya,” terangnya.
Sayang, ketua Baleg Evert Kuganda saat coba ditemui tidak berada di kantornya. Ketika dihubungi via telepon pun tidak tersambung.(van)

About uman