Home » Metro Luwuk » Petugas Kebersihan Naik Gaji
Petugas Kebersihan Naik Gaji
Puluhan petugas kebersihan saat mendengar arahan dari Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan Lukman Mang, di depan kantor Dispetarung Banggai, Senin pagi (4/12).

Petugas Kebersihan Naik Gaji

LUWUK-Awal tahun 2016 ini, nampaknya petugas kebersihan yang ada di kota Luwuk mulai bernapas lega. Pasalnya, Dinas Perumahan, Tata Kota dan Ruang (Dispetarung) Banggai menaikan gaji ratusan petugas kebersihan hingga 30 persen.
“Sebelumnya (2015,red) gaji petugas kebersihan hanya Rp 625 ribu. Namun naik mencapai Rp 1 juta. Jadi kenaikan sekira 30  persen,” ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan, Lukman Mang, Senin (4/12).
Ia menyatakan, dengan adanya kenaikan gaji tersebut, pihaknya juga menaikan jam kerja. Yang sebelumnya 3 jam, kini naik menjadi 4 jam kerja. Seharusnya, kata Lukman, petugas kebersihan digaji berdasarkan Upah Minimum Propinsi (UMP) dengan nominal sekira Rp 1,6 juta. “Tapi kami masih menyesuaikan dengan anggaran yang di Dispetarung,” jelasnya.
Lukman mengungkapkan, total keseluhan petugas kebersihan berjumlah 100 orang, baik itu petugas sapu, pengangkut sampah serta sopir maupun kernet mobil pengangkut.
Ratusan petugas kebersihan itu, tambah dia, akan dilaporkan ke BPJS Ketenaga Kerjaan untuk diasuransikan. “Saya sudah sampaikan kepada mereka (petugas kebersihan,red) agar mengumpul foto copy KTP dan pas foto. Agar segera didaftarkan ke BPJS tenaga kerja. Khususnya untuk sopir dan kernet mobil penampung sampah, karena resiko lebih besar,” terang Lukman. (awi)

About uman