Home » Berita Utama » Penyertaan Modal PDAM Menunggu Direktur Definitif
Penyertaan Modal PDAM Menunggu Direktur Definitif
Samsulbahri Mang

Penyertaan Modal PDAM Menunggu Direktur Definitif

LUWUK-Penyertaan modal pemerintah Kabupaten Banggai terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berada diambang pailit belum bisa dilakukan. Ketua DPRD Banggai, Samsul Bahri Mang menuturkan, selama PDAM belum memiliki direktur definitif, maka penyertaan modal dari pemerintah tidak akan bisa dilakukan.
Alasannya, karena saat penyertaan modal dianggarkan dan direktur PDAM belum definitif maka akan terkendala dengan regulasi. Sebab, yang berhak menandatangani MoU antara perusahaan pelat merah dengan Pemda Banggai haruslah orang yang benar-benar telah ditunjuk sebagai direktur, dan bukan pejabat sementara. “Mestinya tahun ini sudah dimasukkan dalam penganggaran, tapi karena belum ada direktur definitif makanya belum bisa,” jelas Bali –sapaan akrab Samsul Bahri Mang-ketika ditemui di kantor DPRD Banggai, Senin (4/1).
Ditanya mengenai respon terhadap usulan dari PDAM terkait permohonan penyertaan modal sebesar Rp 9 miliar untuk dapat menyehatkan perusahaan daerah itu. Bali mengatakan pihaknya sangat merespon. “Kalau ditanya, kami sangat merespon itu. Karena persoalan krisis air ini bukan hanya masyarakat yang merasakan, tapi kami juga demikian,” tandasnya.
Namun, lagi-lagi persoalan itu dikembalikan ke pihak pemda Banggai dalam hal ini Bupati Banggai. Apakah siap mengucurkan dana penyertaan modal ke PDAM atau tidak. Sebab, penetapan direktur definitif adalah kewenangan Bupati Banggai. Ditanyakan bagaimana jika dalam waktu dekat direktur definitif ditetapkan? Bali menuturkan maka pihaknya siap membahasnya lagi. Terutama jika anggarannya dialokasikan melalui Alokasi Biaya Tambahan 2016. “Kemarin kita sudah respon, dan dari permintaan Rp 9 miliar itu kita siap masukkan Rp3 miliar dan dilakukan bertahap atau selama tiga kali sampai terpenuhi,” jelasnya.
Mengenai dana untuk penyertaan itu, menurut Bali sejatinya telah tersedia dan Ia berharap masih tetap ada. “Dana sudah kita siapkan, mudah-mudahan masih tetap ada. Kalau memang sudah ada direktur definitif maka kita akan bahas lagi, karena ini adalah kebutuhan yang mendesak,” tegasnya.(van)

About uman