Home » Banggai Kepulauan » Monumen Trikora Tidak Terawat
Monumen Trikora Tidak Terawat
Kondisi fisik Monumen Trikora Salakan sangat memprihatinkan. Bangunan yang menjadi ikon kota Salakan itu tidak lagi terawat. Beberapa properti pendukung monumen seperti pagar, sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Monumen Trikora Tidak Terawat

SALAKAN-Monumen Trikora yang berdiri kokoh di tengah kota Salakan sangat memprihatinkan. Banggunan bersejarah yang merupakan salah satu ikon kota Salakan ini makin tidak terawat. Sejumlah fasilitas monumen seperti pagar dan anak tangga dan beberapa properti lainnya telah mengalami kerusakan. Bahkan rerumputan liar  juga memperparah kondisi bangunan monumen Trikora Salakan.
Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkep, lewat instansi teknis terkait diharapkan dapat bersikap dengan segera melakukan pemiliharaan dan perbaikan kondisi fisik bangunan monumen.
“Monumen Trikora  memiliki arti penting karena bangunan ini merupakan bukti sejarah perjuangan. Saya prihatin dengan kondisi monumen Trikora. Pemerintah harus secepatnya melakukan perbaikan dan selanjutnya perlu ada upaya perawatan secara berkesinambungan,” harap Harto, kepada Luwuk Post, kemarin.
Informasi yang dihimpun, menyebutkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bangkep, berniat mengembangkan keberadaan monumen Trikora Salakan. Monumen  itu akan dikembangkan menjadi destinasi wisata sejarah dan pendidikan. Sayangnya, hingga sekarang rencana tersebut belum direalisasikan, karena keterbatasan anggaran. (wan)

About uman