Home » Ekonomi » Peternak Butuh Jagung 100 Ton Per Bulan
Peternak Butuh Jagung 100 Ton Per Bulan
Tidak menentunya pasokan jagung sebagai bahan utama pakan ternak membuat sejumlah peternak kewalahan. Terlebih saat ini petani lokal tidak terkosentrasi lagi untuk menanam jagung.

Peternak Butuh Jagung 100 Ton Per Bulan

LUWUK— Para peternak di Kabupaten Banggai membutuhkan pasokan jagung yang cukup besar. Menurut Asossiasi peternak Kabupaten Banggai, khusus peternak ayam petelur, kebutuhan pakan saja sudah mencapai 100 ton per bulan.
Ketua Asossiasi Peternak Kabupaten Banggai Nasrun Bandiong menjelaskan, pasokan jagung di Kabupaten Banggai belum dapat memenuhi kebutuhan pakan bagi peternak yang ada. Sehingganya, pihaknya selama ini masih membutuhkan pasokan dari luar daerah, seperti Makasar dan sebagian dari Ampana, Kabupaten Tojo Unauna.
“Kita butuh 100 ton per bulan, dan itu tidak bisa kami peroleh dari lokal,” kata dia, saat dihubungi, kemarin.
Nasrun menjelaskan, jumlah pasokan jagung lokal tidak menentu jumlahnya sehingga tidak memberikan kepastian kepada para peternak. Sementara itu, peternak membutuhkan pasokan jagung untuk pakan secara kontinyu. Mereka memperoleh pakan dari luar daerah meski dengan harga yang jauh lebih mahal harganya.(far)

About uman