Home » Metro Luwuk » Permata Tuntut KPU Taliabu Gelar Pilkada Ulang
Permata Tuntut KPU Taliabu Gelar Pilkada Ulang
Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Kabupaten Pulau Taliabu di Kabupaten Banggai, saat gelar aksi unjuk rasa Kamis, (24/12) di Bundaran Tugu Adipura Luwuk.

Permata Tuntut KPU Taliabu Gelar Pilkada Ulang

LUWUK-Puluhan massa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Kabupaten Pulau Taliabu (Permata) di Kabupaten Banggai menggelar aksi unjuk rasa menuntut pemungutan suara ulang Pemilihan Kepala Daerah (pilkada), di sejumlah kecamatan di Kabupaten  Pulau Taliabu, Maluku Utara.
Pasalnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati Taliabu Nomor Urut 1, Aliong Mus-Ramli, dinilai melakukan politik uang secara terang-terangan. “Pilkada ini curang, harus diulang,” teriak orator, Aziz Armin, Kamis, (24/12).
Massa yang bergerak dari kampus Unismuh Luwuk menuju Bundaran Tugu Adipura Luwuk  berencana menggelar aksi di Taliabu lebih besar lagi, jika  KPUD Taliabu tidak segera menggelar pilkada ulang.
Amatan Luwuk Post, meski sejumlah massa tidak bertindak refresif, anarkis, namun pihak pengamanan kepolisian tetap terlihat aktif mengawal di lokasi. Usai orasi, personel Polres bersenjata lengkap datang ke lokasi dan mengangkut mereka pulang di mobil patroli untuk diantar ke kampus Unismuh Luwuk.
Anggota Polres Banggai, Z Mamonto, dikonfirmasi, mengatakan, aksi damai permata di Kota Luwuk merupakan bentuk protes mereka terhadap hasil pilkada di Taliabu yang dinilai sarat dengan kecurangan dan politik uang. “Demo boleh, tapi jangan bakar-bakar,” katanya seraya menambahkan aksi mahasiswa itu berlangsung aman dan damai. (tr-33)

About uman