Home » Politik » Alokasi DBH Diyakini Terus Bertambah
Alokasi DBH Diyakini Terus Bertambah
Oskar Paudi

Alokasi DBH Diyakini Terus Bertambah

LUWUK— Alokasi Dana Bagi Hasil (DBH)  Sumber Daya Alam (SDA) Minyak Bumi dan Gas Bumi di daerah Kabupaten Banggai diyakini akan terus bertambah. Menurut Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banggai Oskar Paudi, nilai alokasi DBH yang diproyeksikan pada tahun 2016 memang masih terbilang kecil. Namun untuk dua atau tiga tahun ke depan, jumlah tersebut diyakini akan jauh lebih besar.
Untuk diketahui, tahun 2016, Alokasi DBH Migas yang akan diterima Kabupaten Banggai ditetapkan baru sebesar Rp86 miliyar lebih. Sebab, hal tersebut baru dihitung untuk produksi migas di Kabupaten Banggai sejak Januari hinga septemtber 2015.
“Kalau dua atau tiga tahun ke depan, total APBD kita sudah bisa capai Rp4 triliun, dan saat itu, kita tidak lagi menerima DAK dan DAU dari pemerintah pusat,” katanya.
Oskar menyebutkan, beberapa daerah penghasil Migas yang sudah pernah dikunjungi oleh DPRD Kabupaten Banggai, juga mengalami hal yang sama. Pada awal awal daerah tersebut memang tidak memiliki alokasi bagian yang besar, namun saat produksi stabil, maka daerah tersebut akan mengalami pertumbuhan pendapatan daerah yang cukup besar.(far)

About uman