Home » Luwuk Utara-Timur » Pembangunan Drainase Perlu Dipertimbangkan
Pembangunan Drainase Perlu Dipertimbangkan
Kondisi drainase yang terdapat di poros jalan Desa Boyou, Kecamatan Luwuk Utara yang kurang berfungsi.

Pembangunan Drainase Perlu Dipertimbangkan

LUWUK UTARA-Sejumlah warga Desa Boyou Kecamatan Luwuk Utara menyarankan, pemerintah desa tidak perlu memfokuskan usulan pembangunan drainase untuk kegiatan pembangunan fisik yang akan dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 mendatang.
Pasalnya, banyak drainase yang dianggap mubazir, karena tidak dirawt dari masyarakat setempat. Akibatnya, akan berdampak negatif terhadap masyarakat khusunya pada bidang kesehatan.
“Tidak ada salahnya, kalau kondisi desa yang lain sangat memungkinkan untuk disediakan fasilitas itu. Tapi, untuk desa Boyou saya kira belum terlalu mendesak. Maka ada baiknya kalau ditangguhkan dahulu. Sebab, masih ada infrastruktur lain yang lebih utama untuk dibiayai dengan anggaran desa nanti,” terang Muslih, Rabu (23/12).
Ia menyatakan, jangan beralibi untuk mengusulkan program tersebut hanya karena untuk melengkapi berkas semata. Tetapi, harus melihat realita dilapangan, layak tidaknya untuk disediakan sarana di maksud.
“Kalau tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, tentunya ini hanya membuang anggaran saja. Sementara, dengan anggaran dana desa yang sudah begitu besar, menjadi kesempatan bagi desa untuk merencanakan yang terbaik,” pungkasnya.
Alangkah lebih baiknya, kata Muslih, realisasi ADD 2016 mendatang, lebih difokuskan pada program pemberdayaan masyarakat. Karena program tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat. “Pemberdayaan dalam bentuk bantuan kepada kelompok usaha, baik itu nelayan, petani, maupun perbengkelan dan usaha kios,” paparnya. (awi)

About uman