Home » Politik » Dewan Bersyukur APBD Lambat Dibahas
Dewan Bersyukur APBD Lambat Dibahas
Ibrahim Darise

Dewan Bersyukur APBD Lambat Dibahas

LUWUK— Hingga saat ini DPRD Kabupaten Banggai belum melakukan pembahasan terhadap dokumen APBD tahun 2016. Padahal, saat pembahasan KUA PPAS pekan lalu, disebutkan, pembahasan R APBD seharusnya sudah dilakukan sejak Senin (21/12).
Sayangnya, hingga kemarin, dokumen APBD tahun 2016 belum sampai ditangan para wakil rakyat. Akibatnya, pembahasan anggaran tersebut pun belum bisa dilakukan.
Menyikapi itu, Anggota DPRD Kabupaten Banggai Ibrahim Darise mengatakan, keterlambatan pembahasan anggaran sebenarnya memiliki nilai positif. Jika saja pembahasan tidak segera dilakukan, maka hal itu akan memberikan ruang bagi sejumlah sumber pendapatan daerah untuk bisa masuk dalam struktur APBD Kabupaten Banggai.
Sebab diketahui, posisi APBD Kabupaten Banggai yang diperkirakan sebesar Rp1,7 triliun saat pembahasan KUA PPAS, bisa bertambah hingga Rp2 triliun atau Rp2,1 trilun. Pasalnya, sejumlah sumber yang berasal dari dana transfer seperti kurang bayar DBH Migas serta beberapa sumber lain yang belum terungkap saat pembahasan KUA PPAS, akan terungkap dalam penyusunan R-APBD.
“Kalau menurut saya, jika APBD ini lambat dibahas, maka akan menguntungkan masyarakat, sebab APBD kita bisa bertambah seiring perjalanan waktu, dan bisa mencapai Rp2 triliun atau Rp2,1 trilun, tergantung perkembangannya,” kata politisi PAN itu.
Ia bersyukur jika eksekutif belum mengajukan pembahasan, karena semua potensi pendapatan daerah akan dicermati secara maksimal oleh badan anggaran. Sehingga dengan begitu, maka penyusunan APBD 2016 akan lebih baik, karena dicermati secara lebih lama dengan waktu yang cukup. (far)

About uman