Home » Luwuk Utara-Timur » Terminal KM 8 Sepi Penumpang
Terminal KM 8 Sepi Penumpang
Terminal KM 8 Kelurahan Tanjung Tuwis terlihat sunyi tanpa aktifitas seperti terminal pada umumnya, Selasa, (22/12).

Terminal KM 8 Sepi Penumpang

LUWUK SELATAN-Bukan hanya terminal Biak yang sepi akan penumpang. Kondisi yang sama juga terjadi di terminal antar Kecamatan, kilometer (KM) 8 Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan.
“Sepi penumpang begini sudah lama, bahkan bertahun-tahun. Sangat sedikit penumpangnya, kalau hari-hari biasa, kadang juga tidak ada. Kalau Hari Raya Idul Fitri baru ada peningkatan jumlah penumpang, Itupun sedikit,” ujar sopir angkutan pedesaan (angdes) Toili – Luwuk, Usman, Selasa (22/12).
Menurut Usman, kurangnya jumlah penumpang di terminal KM 8, dikarenakan akses yang cukup jauh dari kota. Sehingga terkadang, sopir Angdes langsung menjemput penumpang di dalam kota, meskipun itu dilarang.
Selain itu, kata dia, banyak warga yang memiliki kendaraan sendiri, menjadi salah satu faktor sepinya penumpang di terminal ini. “Palingan hanya beberapa penumpang yang sebelumnya telah melakukan perjalan jauh dari luar kota sepeti Palu, Makasar, dan bahkan dari Jawa. Itu juga, kadang malam hari dan tidak setiap hari,” tandasnya.
Kondisi ini membuat sebagian sopir harus menginap di terminal, karena sama sekali tidak mendapatkan penumpang.
“Kalaupun ada, hanya satu atau dua orang saja. Tidak mungkin sopir hanya berangkat dengan jumlah penumpang yang sedikit,” tambahnya.
Penumpang akan banyak saat kapal Pelni Tilong Kabila masuk. Sebab, banyaknya penumpang kapal mayoritas orang Jawa dan Bali yang tinggal di wilayah Kecamatan Toili dan Pandauke.
“Kita langsung turun ke pelabuhan untuk menjemput penumpang. Kalau tidak begitu, kadang banyak sopir angkot yang dicarter untuk mengantar mereka,” kata Usman dengang muka lesuh. (awi)

About uman