Home » Ekonomi » Getah Pinus Tunjang Ekonomi Warga
Getah Pinus Tunjang Ekonomi Warga
Pak Sus saat mengikis pohon pinus untuk ditampung dan diambil getahnya, Selasa (22/12).

Getah Pinus Tunjang Ekonomi Warga

LUWUK-Program penghijauan yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai beberapa tahun lalu dengan menanam pohon pinus di desa Salodik dan sekitarnya meberikan keuntungan sendiri kepada warga sekitar dengan memanfaatkan getah pinus sehingga dapat menunjang perekonomian keluarga mereka.
Pak Sus, salah seorang penampung getah pinus mengatakan, cara menampung  getah pinus ini sebelumnya diperkenalkan oleh beberapa orang  dari daerah jawa yang dikirim oleh sebuah perusahaan untuk mengajarkan kepada warga setempat agar dapat mengetahui bagaimana cara mengambil getah dari pohon pinus. “Sebelum kami mengetahui bagaimana cara mengambil getah pinus, kami telah mendapatkan pelatihan dari beberapa orang yang berasal dari daerah jawa,” jelasnya, Selasa (22/12).
Selain itu, warga juga mendapatkan alat serta bahan secara gratis yang diperlukan untuk proses pengambilan getah dari pohon pinus. “Karena alatnya harus dipesan dari luar daerah dan cukup mahal, perusahaan memodali kami dengan menberikan alat dan bahan dengan gratis. Salah satunya adalah kodukul atau alat yang digunakan untuk mengikis batang pohon dan asam sulfat untuk merangsang agar poro-pori batang terbuka sehingga pohon pinus dapat mengeluarkan getah lebih banyak. Selanjutnya, ketika alat dan bahan tersebut rusak atau habis, kami harus membelinya sendiri,” pungkasnya.
Walaupun penghasilan dari menampung getah pinus tidak sebanding dengan hasil kebun warga, dengan menampung getah pinus, beberapa warga khususnya Pak Sus mengaku ekonomi keluarganya terbantu. Selain itu, proses untuk mendapatkan getah tidak memerlukan waktu lama. Sehari penampung cukup memerlukan wartu dua jam saja.
Untuk 1 kg getah, perusahaan memberikan harga Rp 4.500 kepada warga.“Hasil dari menampung getah ini boleh dikatakan lumayan. dalam satu minggu, saya bisa mengumpulkan dua sampai tiga karung getah yang beratnya mencapai 100 kilo. Jadi, setiap minggunya Saya bisa menghasilkan Rp 450 ribu,” jelasnya. (tr-35)

About uman