Home » Torang p Sekolah » Banggai Termasuk APK Rendah
Banggai Termasuk APK Rendah
Tasman Malusa

Banggai Termasuk APK Rendah

LUWUK-Masyarakat Kabupaten Banggai sepertinya harus lebih sadar lagi akan pentingnya menyekolahkan anaknya. Kepala Bidang Pendidiakan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Tasman Malusa mengatakan, Kabupaten Banggai menjadi salah satu dari 103 daerah di Indonesia yang Angka Partisipasi Kasar (APK) nya rendah.
“Banggai termasuk APK nya dibawah 100,” tuturnya saat memberikan sambutan di ruang Aula Selasa (22/12).
Ia mengaku, tidak tercapainya APK, bukan karena dari guru yang tidak semangat dalam mengajar dan membimbing siswa hingga membuat nilainya menurun, tetapi animo atau upaya masyarakat untuk menyekolahkan anaknya yang masih kurang.
“Seperti jumlah siswa yang wajib bersekolah itu 5000, lantas hanya 4000 anak yang bersekolah, itu yang membuat APK menurun,” terangnya.
Tasman mengaku, selama ini pemerintah tidak tinggal diam dalam memajukan pendidikan, baik itu menyediakan infrastruktur penunjang dan lainnya, sesuai dengan program wajib belajar (Wajar) 12 tahun.
“Namun semuanya kembali lagi kepada orang tua karena mereka yang memutuskan apakah anaknya harus bersekolah atau tidak,” ungkapnya.
Olehnya dengan adanya Pengajar Muda (PM) Indonesia Mengajar, ia berharap bisa memberikan spirit atau semangat orang tua siswa untuk tetap menyekolahkan anaknya.
“Semoga kinerja PM bisa maksimal membantu program kami dalam rangka mensosisialisasi pendidikan,” pungkasnya.(ajy)

About uman