Home » Berita Utama » MUTIARA DEMO KEDUA
MUTIARA DEMO KEDUA
Ratusan massa aksi dari Aliansi Rakyat Menggugat mendatangi gedung DPRD Banggai, Senin (21/12).

MUTIARA DEMO KEDUA

LUWUK-Ratusan massa pendukung pasangan calon Ma’mun Amir dan Batia Sisilia Hadjar (Mutiara) yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) mendatangi DPRD Banggai, Senin (21/12). Kedatangan massa aksi itu untuk mendesak DPRD agar berperan aktif melihat kondisi sosial rakyat Kabupaten Banggai pasca pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015 lalu.
“Kami datang ke dewan karena kami tahu lembaga ini mempunyai fungsi pengawasan. Sehingga, kami meminta agar dewan berperan aktif dalam mengawasi KPU dan Panwaslih,” tandas salah satu Koordinator Lapangan ARM Jimy Alimun.
Dikatakan, puluhan miliar uang rakyat yang diperuntukan bagi pelaksanaan Pilkada di daerah ini akan menjadi sia-sia, bila penyelenggara  melaksanakannnya dengan tidak jujur. “Peran DPRD sangat melakukan pengawasan, karena ada hak politik rakyat yang dicederai dan bisa berdampak pada hal hal yang negatif,” tandas Jimy.
Sementara itu, Zulharbi Amatahir menyatakan, Pilkada di daerah ini dipenuhi dengan berbagai kejanggalan yang terjadi di KPU dan Panwaslih. Malah, Zulharbi memberikan penegasan terhadap kinerja Panwaslih yang terkesan tak memproses laporan yang telah disampaikan koalisi Mutiara Banggai ke lembaga tersebut. “Ada 16 laporan kami yang hingga kini tak jelas penyelesaiannya. Padahal mekanisme waktunya telah kami penuhi, ada apa dengan panwaslih,” tegasnya.
Di tempat yang sama Hardianto Djanggih mendesak agar DPRD melakukan memaksimalkan fungsi pengawasannya terhadap penyelenggara pilkada. Berbagai pelanggaran  seperti indikasi money politics yang ditengarai dilakukan pasangan calon nomor urut tiga Herwin-Mustar telah merusak sendi sendi berdemokrasi di daerah ini. “Contoh dari investigasi yang kami lakukan di dapil dua ada oknum anggota DPRD yang diduga turut serta membagi bagikan uang pada rakyat,” tandasnya.
Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang bersama unsur pimpinan dan Aleg saat itu telah berinisiatif memanggil Ketua KPUD dan komisioner Panwaslih Kabupaten Banggai, namun hingga Senin siang kemarin kedua institusi itu tak hadir.
“Kami akan memanggil KPU dan Panwaslih besok (hari ini,red) jam 9 pagi,” ujar pria yang akrab disapa Obama ini dihadapan massa aksi. (bd)

About uman