Home » Luwuk Utara-Timur » Musrenbang Desa Buon Fokus Ekonomi Produktif
Musrenbang Desa Buon Fokus Ekonomi Produktif
Muhardin Kamudin

Musrenbang Desa Buon Fokus Ekonomi Produktif

LUWUK UTARA-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang bakal dilaksanakan Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara akan fokus pada peningkatan ekonomi produktif.
“Pekan depan, kami akan laksanakan Musrenbang. Dan fokus untuk pengembangan ekonomi produktif masyarakat,” ujar Kepala Desa Buon Mandiri Muhardin Kamudin, Senin (21/12).
Menurutnya, untuk meningkatkan ekonomi produktif, masyarakat harus diberikan pelatihan cara bertani yang baik, pembangunan jalan kantong produksi serta menigkatkan usaha kecil menangah di wilayahnya.
Muhardin menyatakan, mayoritas masyarakat Buon Mandiri bertani, sehingga peletihan khusus terhadap petani dalam mengelola hasil pertanian harus ditingkatkan. Mengingat, petani di wilayahnya dalm mengelola lahan pertanian masih bersifat tradisional. “Karena masih bersifat tradisional, maka harus pemerintah harus memberikan pelatihan untuk lahan pertanian dikelola dengan menggunakan sistem semi mederen. Agar hasil bertani bisa maksimal,” tandasnya.
Setelah itu, kata dia, jalan kantong produksi juga harus dibangun, agar hasil pertanian secepatnya diangkut untuk dipasarkan. “Jalan kantong produksi juga menjadi priorotas dalam Musrenbang nantinya,” terangnya.
Muhardin menambahkan, pada Musrenbag sebelumnya, Desa Buon Mandiri pada pembangunan infrastruktur, khsusnya pembangunan jaringan air bersih. “Kalau masalah air sekarang sudah teratasi. Maka untuk selanjutnya, fokus untuk pengembangan ekonomi produktif,” tutupnya. (awi)

About uman