Home » Luwuk Utara-Timur » Luktar Kebagian 5 Pendamping Desa
Luktar Kebagian 5 Pendamping Desa
Ismed Wardhana

Luktar Kebagian 5 Pendamping Desa

LUWUK UTARA-Kecamatan Luwuk Utara (Luktar) kebagian 5 pendamping desa yang ditugaskan langsung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendampingi aparat desa dalam mengelola alokasi dana desa (ADD). Hal itu diungkapkan, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Luktar Ismed Wardhana, belum lama ini.
Ia menyatakan, dari 5 pendamping desa tersebut terbagi menjadi dua bagian. 2 orang sebagai pendamping desa, dan 3 orang sebagai pendamping lokal desa. “Sudah terbagi 5 pendamping desa itu. Dan akan mendampingi aparat desa, agar pengelolaan ADD di setiap desa bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.
Sebenarnya, kata Ismed, setiap 1 pendamping harus ditugaskan pada 1 desa. Namun, karena keterbatasan anggaran, sehingga dipaksakan 1 pendamping harus mendampingi 3 desa. 5 pendamping itu sudah bekerja pada 2 November lalu, sesuai surat perintah tugas (SPT) BPMPD Sulteng nomor 414/003/P3MD/BPMPD/XI/2015. Ke 5 nama pendamping itu adalah, Maskur dan Lilasari Melati sebagai pendamping desa. Untuk pendamping lokal desa, Susi Handriani, Rifai dan Arianto Katawa.
“Hanya beberapa pendamping belum melaporkan ke pihak kecamatan sampai saat ini. Seharusnya, mereka (pendamping,red) sudah melaporkan diri, dan sudah melakukan aktifitas sebagai pendamping sesuai dengan SPT,” ungkap Ismed.
Ia menambahkan, pihaknya belum mengetahui secara pasti kewenangan yang dilakukan 5 pendamping desa tersebut. Seharusnya, pemerintah kecamatan harus mengetahuinya, agar jangan terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas nantinya. “Takutnya, antara pendamping desa dengan pemerintah desa saling mengklaim kewenangan. Tapi kalau ada kejelasan secara pasti, maka akan berjalan sesuai dengan tupoksi masing-masing,” tandas mantan Sekcam Kintom itu. (awi)

About uman