Home » Banggai Laut » Hari Ini, R-APBD Balut Diparipurnakan
Hari Ini, R-APBD Balut Diparipurnakan
Richard Manuas.

Hari Ini, R-APBD Balut Diparipurnakan

BANGGAI – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Balut terus berlomba dengan waktu menyelesaikan R-APBD tahun anggaran 2016. Hal ini menyusul sikap tegas dari ketua DPRD, Richard Manuas,ST yang berharap paling tidak pada Kamis (24/12) R-APBD sudah diparipurnakan dan diajukan ke propinsi untuk evaluasi akhir.
Sumber di Bappeda Balut menyatakan  jadwal akhir evaluasi draft R-APBD ke Propinsi ditetapkan tanggal 27 Desember, akhir pekan ini. Jika sampai waktu itu pemda Balut belum menyerahkan berkas tersebut, bisa jadi daerah ini akan terkena finalti pemotongan anggaran 20 persen dari rencana.
Sejumlah anggota legislatif yang dihubungi kemarin cukup menyayangkan jika hal ini terjadi. Menurut mereka, dengan finalty tersebut maka daerah ini akan kehilangan potensi anggaran sebesar 70 miliar rupiah dari alokasi anggaran yang diberikan.
“Kalau cuma tidak dibayarkan gaji, tidak masalah bagi saya. Tapi kalau harus kehilangan 70 miliar saya kira akan sangat merugikan daerah,” ucap Nurlan Mataiya, aleg PKS Balut.
Terpisah, ketua DPRD Balut, Richard Manuas memberi tanggapan sejuk. Ditemui Senin pagi (21/12) di kantornya, petinggi partai Demokrat ini menyatakan R-APBD telah siap diparipurnakan besok (hari ini, red) karena telah selesai penyusunannya di tingkat eksekutif.
“Malam ini kita tuntaskan bahas PPAS, besok paripurna,” kata dia.
Richard menyebutkan pihaknya tetap berusaha menuntaskan R-APBD sesuai jadwal dan telah siap kerja maraton untuk itu.
“Namun saya ingatkan kepada kawan-kawan pansus, meski sifatnya maraton kita tetap harus kritis dan berimbang agar APBD yang dihasilkan berkualitas dan menyentuh persoalan rakyat,” tutupnya. (Sbt)

About uman