Home » Ampana » Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 0,7 Persen
Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 0,7 Persen
Bandara Tanjung Api diharapkan beroperasi agar mendukung pariwisata.

Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 0,7 Persen

AMPANA – Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) dan Penanaman Modal (PM), Muhamad Arsyad menyatakan, target pertumbuhan ekonomi tahun 2016 sebesar 0,7 persen. Itu disesuaikan dengan kondisi perekonomian nasional dan Kabupaten Tojo Una-una.
Arsyad menyebutkan, sektor penopang yang akan digenjot yakni, pertanian, perkebunan, kehutanan, pariwisata, kelautan dan perikanan. “Pariwisata kita cukup berpotensi untuk dikembangkan terus dan sudah terkenal,” ujar Arsyad, Selasa (14/12).
Asumsi itu, kata Arsyad, sesuai dengan RPJM tekronatik yang referensinya dari RPJP nasional dan Tojo Una-una. “Itu baru rancangan awal kami, setelah itu kami buat ulang menunggu bupati baru,” katanya.
Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Muhamad Kasim Muslaeni menyatakan, untuk menggenjot pariwisata infrastruktur perhubungan harus mendukung untuk mempersingkat waktu perjalanan para pelancong. “Kalau dari Jakarta nanti butuh 5 hari baru tiba di sini,” kata Muslaeni, kemarin (15/12).
Kasim menyebutkan, jika menuju Kabupaten Tojo Una-una melalui Bandara Mutiara Sis-Aljufri, Palu, membutuhkan waktu tempuh 8 jam untuk sampai di Kabupaten Tojo Una-una melalui jalur darat. Sehingga Bandara Tanjung Api, Ampana sangat diharapkan untuk segera beroperasi. “Kalau dari Luwuk butuh 8 jam. Waktu liburan wisatawan terbatas. Setiap kali pameran yang ditanya bagaimana jalur ke sini,” tandasnya.
Soal target pertumbuhan wisatawan, Kasim tidak menargetkan yang muluk-muluk. Itu disebabkan kondisi transportasi yang belum begitu memadai. “Wisatawan mancanegara dan domestik kita targetkan meningkat 2 persen. Tapi itu nanti liha kondisi ekonomi ke depan,” terangnya. (ali)

About uman