Home » Ekonomi » Disnakertrans akan Tindak Perusahaan tak Terapkan UMP
Disnakertrans akan Tindak Perusahaan tak Terapkan UMP
USMAR MANGANTJO

Disnakertrans akan Tindak Perusahaan tak Terapkan UMP

LUWUK– Dinas Tenaga Kerja dan  Transimigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banggai akan mengambil tindakan tegas pada perusahaan yang hingga kini tak menerapkan Upah Minumum Provinsi, sebesar Rp 1.670.000.
“Jika ada pekerja yang dibayar oleh perusahaan tidak sesuai dengan UMP tahun 2016, seharusnya pekerja tersebut segera melapor ke kami. Setelah itu kita akan tindaki perusahaan tersebut dengan membayar kekurangan upah pekerja selama ia masuk di perusahaan tersebut,” tegas Kadisnakertrans Usmar Mangantjio, Selasa (15/12).
Menurutnya, jika terdapat perusahaan  yang belum mengikuti aturan itu, seharusnya sudah menyurat ke gubernur untuk meminta penundaan.  Penundaan itu harus disertai dengan persetujuan pekerja.
“Jika tidak disetujui oleh pekerja dan perusahaan masih tidak mengikuti UMP tahun 2016, maka perusahaan tersebut akan segera kami tindaki,” jelasnya.
Selain kewajiban perusahaan untuk membayar pekerjanya sesuai dengan UMP yang berlaku, perusahaan juga harus mendaftarkan pekerjanya ke BPJS kesehatan dan BPJS ketenaga kerjaan.
“Pembantu rumah tangga wajib didaftarkan ke BPJS, apalagi perusahaan. Himbauan saya kepada setiap perusahaan yang saat ini belum mendaftarkan pekerjanya di BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan, untuk secepatnya mendaftarkan pekerjanya,” pungkasnya. (tr-35)

About uman