Home » Banggai Kepulauan » Warga Tujuh Desa di Liang Desak Pemekaran
Warga Tujuh Desa di Liang Desak Pemekaran
RAUF KHAN

Warga Tujuh Desa di Liang Desak Pemekaran

SALAKAN– Warga di tujuh desa di Kecamatan Liang, telah menyatukan komitmennya untuk memperjuangkan pemekaran Kecamatan Liang Selatan, yang terpisah dari Kecamatan Liang sebagai wilayah induk. Tujuh desa itu, yakni Desa Popidolon, Selekan, Loolong, Ukumel, Tomboniki, Kindandal, Mamulusan dan dua desa persiapan lainya yaitu Desa Sundeng Bajo dan Desa Trans Kintom.
Demi memuluskan niat itu, warga tujuh desa tersebut, telah membentuk Forum Percepatan Pembentukan Kecamatan Liang Selatan. Forum ini dibentuk sebagai wadah perjuangan dan menyiapkan segala bentuk persyaratan yang dibutuh guna membentuk Kecamatan Liang Selatan.
Sekretaris Forum Percepatan Pembentukan Kecamatan Liang Selatan, Rauf Khan, kepada wartawan Senin (14/12) kemarin, mengatakan pemekaran Kecamatan Liang Selatan merupakan kebutuhan dari masyarakat ditujuh desa. Tujuan untuk memekarkan diri, kata Rauf, yaitu mendekatkan pelayanan publik dari pemerintah kepada masyarakat serta mendorong percepatan pembangunan yang selama ini terkesan jauh dari tujuh desa yang kini menyatakan diri untuk mekar.
Dari segi potensi sumber daya alam, ungkap Rauf, Kecamatan Liang Selatan, sangat layak untuk dimekarkan, karena diwilayah itu terdapat sejumlah potensi sumber daya alam yang menjanjikan baik dari potensi kelautan dan perikanan serta potensi pertanian dan kehutanan.
Lebih jauh dikemukakan Rauf, semua warga dan pemerintah desa serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di tujuh desa yang masuk dalam wilayah calon pemekaran Liang Selatan, telah membuat surat keputusan bersama sebagai wujud komitmen mereka untuk memperjuangkan lahirnya Kecamatan Liang Selatan.
Tidak sampai itu, ditambahkan Rauf, ada diantara warga yang telah membuat pernyataan secara pribadi untuk menghibahkan tanahnya, guna pembangunan perkantoran jika kelak pemekaran kecamatan tersebut terealisasikan.
Selain kepada Bupati Bangkep, harapan agar usulan pemekaran kecamatan Liang Selatan dapat direspon, disampaikan pula kepada lembaga DPRD Bangkep. “ Mengingat hal ini telah menjadi kebutuhan yang mendesak bagi warga di sana, kami mengharapkan agar DPRD Bangkep, ikut merestui lahirnya Kecamatan Liang Selatan,” harap Rauf.
Khusus kepada anggota DPRD Bangkep asal kecamatan Liang, Rauf meminta peran aktifnya untuk mendorong terealisasinya Kecamatan Liang Selatan.
Senin kemarin, Rauf beserta sejumlah warga lainnya, telah menyerahkan secara langsung dokumen pengusulan pemekaran Kecamatan Liang Selatan kepada Bupati Bangkep, Drs. Lania Laosa. Selain kepada Bupati, dokumen yang sama diserahkan pula kepada DPRD Bangkep dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkep. (wan)

About uman