Home » Ampana » Hindari Defisit, Ongkos Perjalanan Dinas Dipangkas
Hindari Defisit, Ongkos Perjalanan Dinas Dipangkas
DPRD bersama pemda Tojo Una-una akan menetapkan APBD tahun 2016, Rabu (16/12).

Hindari Defisit, Ongkos Perjalanan Dinas Dipangkas

AMPANA – DPRD dan pemerintah daerah (pemda)  Kabupaten Tojo Una-una berusaha melakukan penghematan terhadap penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Jika tidak, bisa-bisa akan terjadi defisit tahun 2016 nanti.
Ketua Komisi III DPRD Tojo Una-una, Zainal Lapangandong mengatakan, ongkos perjalanan dinas dipangkas untuk menutupi defisit. Sebab, pendapatan asli daerah (PAD) yang diasumsikan lebih besar ternyata tidak memenuhi target. “Sudah tidak ada masalah, Rabu (16/12) APBD sudah ditetapkan,” ujar Zainal saat ditemui usai menghadiri rapat penyempurnaan APBD bersama eksekutif, Senin (14/12).
Zainal menyontohkan, PAD yang tidak mencapai target seperti KM. Kavia. Diinstruksikan harus mencapai Rp 900 juta namun yang terealisasi hanya sekira Rp 100 juta. Kemudian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) hanya dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tetapi belum berkontribusi menyumbangkan penghasilannya kepada daerah. “Rencananya tahun 2016 nanti kapal itu akan dipihak ketigakan,” jelasnya.
Menurut Zainal, akibat tidak tercapainya PAD, APBD tahun 2016 akan melenceng dari rancangan yang sebelumnya telah diumumkan. “Diketahui tadi saat rapat penyempurnaan. Pokonya menurun APBD kita dari rancangan,” katanya. (ali)

About uman