Home » Torang p Sekolah » Budaya Baca Harus Terus Ditingkatkan
Budaya Baca Harus Terus Ditingkatkan
Sejumlah siswa SDN Buon nampak asik membaca, budaya ini haruslah dilakukan diseluruh sekolah.

Budaya Baca Harus Terus Ditingkatkan

LUWUK-Ada ungkapan menyebutkan bahwa buku adalah jendela ilmu, olehnya perbanyaklah membaca buku.
Education Spesialist La Sunra mengatakan, budaya membaca buku harus dimulai sejak masih dibangku sekolah, karena jika sudah terbiasa siswa tersebut akan merasa ada yang mengganjal jika tidak setiap hari diisi dengan membaca buku. “Sekolah harus memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya membaca buku termasuk buku pengayaan, karena bakat siswa itu berbeda-beda, ada yang ingin bercocok tanam, ada yang ingin bermain gitar, dan itu penting untuk pngembangan diri sesuai standar pendidikan,” tuturnya Sabtu (12/12).
Ia memberi saran, untuk menumbuhkan budaya baca siswa, sekolah membuat jadwal rutin setiap hari, dimana menyisipkan 10 menit sebelum masuk kelas untuk membaca buku. “Sebelum masuk kelas, minta siswa membaca buku slama 10 menit, kalau dilakukan scara rutin akan terbiasa membaca,” tambahnya.
Menurutnya, beberapa sekolah di kota Maakassar sudah membuat yang dinamakan Gazebo, sebuah tempat buku yang ditaruh didepan ruang kelas, jadi setelah berdoa dipagi hari, siswa masing-masing mengambil buku untuk dibaca. “Itu satu cara untuk membiasakan membaca, karena di rumah biasanya orang tua tidak sempat memrintahkan anaknya untuk membaca, dan ini dilakukan untuk membudayakan membaca supaya ada kesadaran,” tandasnya.
Sementara itu Kepsek SDN Buon Dena Lamato mengaku apa yang telah digagaskan Education Spesialist sangatlah baik dan bermanfaat untuk menumbuh kembangkan budaya membaca. “Insya allah cara seperti yang telah dilakukan sekolah di Makassar akan saya terapkan kedepan,” tegasnya. (ajy)

About uman