Home » Ekonomi » Mitan Semakin Langkah
Mitan Semakin Langkah
Sejumlah warga saat antri untuk mendapatkan minyat tanah yang semakin langkah akibat menurunnya jumlah kuota di pangkalan, Jumat (11/12).

Mitan Semakin Langkah

LUWUK—Kelangkahan minyak tanah (mitan) mulai dirasakan masyarakat. Itu terlihat dengan menurunnya kuota pendistribusian minyak tanah (mitan) di sejumlah pangkalan, salah satunya yang berada di kawasan komplek Tanjung kelurahan Karaton, kecamatan Luwuk.
“Sebelumnya mobil tangki yang memuat bahan bakar mitan melakukan pengisian di pangkalan lima kali dalam sebulan. Tapi akhir-akhir ini menurun 3 kali dalam sebulan,” ungkap pemilik pangkalan mitan di komplek Tanjung, Fitri, Jumat (11/12).
Pengakuan serupa juga dilontarkan, Iwid,  pemilik pangkalan lain yang berada dalam kawasan kota Luwuk. Akibat kondisi itu, kata dia, menuai pertanyaan dari para pelanggannya.
“Biasa ditanya oleh langganan kenapa kuota mitan di pangkalan menurun? Saya jawabnya tidak tahu, sebab memang tidak dikasih tau dari penyuplai apa alasannya,” terang Iwid, polos.
Namun, mengenai fenomena kelangkahan, menurut Iwid, itu merupakan dampak dari kebijakan pemerintah, yakni konversi mitan ke gas elpiji. Apalagi, lanjut dia, di kabupaten Banggai pemerintah telah mendistribusikan sekian banyak kuota gas kepada warga yang merupakan penerima.
“Jadi tidak heran kalau kondisinya seperti sekarang ini,” pungkasnya.(tr-35)

About uman