Home » Ampana » Jumat Hingga Selasa Perhitungan Tingkat Kecamatan
Jumat Hingga Selasa Perhitungan Tingkat Kecamatan
Perhitungan ditingkat kecamatan sudah dimulai Jumat (11/12). Nampak saat proses perhitungan di Kecamatan Ampana Kota.

Jumat Hingga Selasa Perhitungan Tingkat Kecamatan

AMPANA – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) kini terus bergeser. Dari pencoblosan pada Rabu (9/12), kini memasuki perhitungan suara ditingkat kecamatan lalu ke tingkat kabupaten.
Divisi Sosialisasi KPU Tojo Una-una, Usri Abdullah mengatakan, perhitungan di tingkat kecamatan dimulai kemarin (11/12) hingga Selasa (15/12) nanti, dan pada Rabu (16/12) hasil perhitungan akan diteruskan ke tingkat kabupaten. “Jumat (18/12) sudah diketahui siapa yang punya suara terbanyak,” ujar Usri saat ditemui di lokasi perhitungan suara di kantor Camat Ampana Kota, kemarin.
Menurut Usri, PPK akan mengebut waktu perhitungan. Sebab, rekapitulasi dimulai sejak pagi hingga malam. Namun, bergantung juga dari kondisi fisik para petugas. “ Kalau sudah cape, bisa mereka break, tergantung mereka,” katanya.
Berdasar hasil pantauannya, kata  Usri, sepanjang proses rekapitulasi di Kecamatan Ampana Kota sempat terjadi masalah mengenai data pemilih. Namun, masih bisa diselesaikan saat itu. “Hanya salah persepsi saja, yakni dipertanyakan kenapa pemilih lebih banyak dari surat suara. Nah, itu karena jumlah surat suara ada penambahan 2,5 persen dari total DPT dan DPTb,” jelasnya.
Usri menambahkan, kini para anggota KPU Tojo Una-una menyebar di setiap kecamatan yang berada di wilayah daratan. Sedangkan untuk kepulauan sudah kembali lebih dulu. “Mumpung kita di sini jadi memantau,” terangnya.
Seperti diketahui, usai pencoblosan di tingkat PPS, kotak suara langsung diserahkan ke tingkat kecamatan. Itu dilakukan untuk menghindari potensi kecurangan sekaligus mempercepat tahapan pilkada. (ali)

About uman