Home » Ekonomi » Pasar Tradisional Mudahkan Warga Tanjung
Pasar Tradisional Mudahkan Warga Tanjung
Pasar tradisional yang mulai beroperasi tahun lalu memudahkan warga belanja kebutuhan rumah tangga setiap harinya, Kamis (10/12).

Pasar Tradisional Mudahkan Warga Tanjung

LUWUK-Pasar tradisional yang berada di Tanjung kelurahan Keraton Kecamatan Luwuk  yang mulai beroperasi tahun lalu dinilai memudahkan warga berbelanja kebutuhan rumah tangga setiap harinya.
Pasar tradisional ini bermacam-macam. Mulai dari buah, sayur-sayuran bahkan rempah-rempah. “Sama halnya dengan pasar Simpong yang pedagangnya menawarkan berbagai macam sayur-sayuran dan buah. Sama halnya di pasar tradisional ini pun juga menawarkan hal yang sama. Namun, yang berbeda adalah, pasar tradisional ini tidak sebesar pasar Simpong,” ungkap Sutifa, salah seorang pedagan pasar tradisional Tanjung, Kamis (10/12).
Ia juga mengungkapkan, pasar tradisional tanjung ini dibuka setiap hari. Namun, pedagang yang berjualan di pasar tersebut setiap dua hari bergantian untuk menempati lapak yang tersedia. “Setiap dua hari sekali kami melakukan pergantian. Jadi, setelah dua hari ada lagi pedagang yang menggantikan kami berjualan disini,” jelasnya.
Selain itu, Ifah salah seorang warga Tanjung yang tengah melakukan transaksi jual beli dengan pedagang mengatakan, tidak perlu lagi mengeluarkan uang ojek untuk pergi ke pasar simpong dan membeli kebutuhan sehari-hari keluarganya. “Jarak pasar tradisional ini lebih dekat dibandingkan dengan pasar simpong. Kalau hanya ingin membeli sayur-sayuran di pasar ini juga ada. Harga sayur dan buah di pasar ini pun boleh dikatakan lebih murah. Sebab, sayur-sayuran tersebut tidak lagi melalui tangan kedua, melainkan langsung dari petani yang mayorotas warga Luwuk Timur. Selain itu, posisi pasar tradisional ini berhadapan langsung dengan tempat pelelangan ikan. Jadi, warga juga tidak perlu pergi terlalu jauh untuk membeli ikan,” jelasnya.
Amatan Luwuk Post,  keberadaan pasar tradisional Tanjung  ini masih jauh dari kesan sesak dan kotor. Jika dibandingkan dengan pasar lain, pasar tradisional Tanjung masih terlihat lebih bersih. Bergitu juga dengan pengunjung yang mayoritasnya warga sekitar tanjung tidak berdesak-desakan ketika hendak membeli kebutuhan sehari-hari. (tr-35)

About uman