Home » Kampus » Mahasiswa Manfaatkan Momen Pilkada
Mahasiswa Manfaatkan Momen Pilkada
Andri Salawali

Mahasiswa Manfaatkan Momen Pilkada

LUWUK-Sejumlah mahasiswa mampu memanfaatkan momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk menambah uang jajan. Buktinya, banyak mahasiswa yang jadi saksi dan panitia pengawas lapangan (PPL) di beberapa tempat perhitungan suara (TPS).
Selain mendapatkan honor dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), mereka juga meraih ilmu pengetahun yang tidak didapatkan pada bangku kuliah.
Andri Salawali, mahasiswa semester V Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Luwuk mengakui, selain mendapatkan tambahan uang jajan, banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan. “Banyak pengalaman yang saya peroleh, dan bisa berguna untuk saya kedepanya,” tuturnya, kemarin (09/12).
Andri menuturkan, banyak teman-teman mahasiswa yang menjadi saksi di TPS, bahkan membantu lembaga survei untuk perhitungan cepat (Quick Count). “Bukan hanya uang, tapi mencari pengalaman menjadi alasan utama. Saya percaya mahasiswa yang lain pun mempunyai pemikiran yang sama,” jelasnya.
Saat ditanyai persoalan kecurangan dalam pilkada, Andri mengakui, jika kecurangan itu terjadi justru mempersulit, bukan mendatangkan keuntungan. “Aduh, bagaimana mau curang, kami selaku panitia harus memberikan barang bukti berupa data foto. Lagipula, kami bertentangan dengan tugas kami sebagai penyambung lidah rakyat,” ujarnya tegas. (tr-36)

About uman