Home » Metro Luwuk » 267 Napi Gunakan Hak Pilih
267 Napi Gunakan Hak Pilih
salah satu warga binaan lapas memasukkan surat suara ke kotak suara usai mencoblos pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Sulteng, calon bupati/wakil bupati banggai, Rabu (9/12) kemarin, di Lapas Klas IIB lUWUK.

267 Napi Gunakan Hak Pilih

LUWUK– Sebanyak 267 narapidana (napi) di kota ini menyalurkan hak pilihnya dalam pilkada serentak pada 9 Desember 2015 kemarin, di 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus yang disediakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banggai.
Wakil Kepala Lapas (Kalapas) Klas IIB Luwuk, Samuda, menjelaskan TPS khusus itu nantinya ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang terdapat di beberapa polsek dan polresta banggai untuk mengakomodasi hak-hak masyarakat yang berada dalam tahanan kepolisian.
“Di Lapas sini (Klas IIB Luwuk-red) ada 267 orang tahanan yang wajib pilih,” ujar Samuda, Rabu (9/12) kemarin.
Pada pelaksanaannya, KPUD Kabupaten Banggai membentuk tim khusus atau KPPS Khusus yang mengakomodasi hak-hak masyarakat binaan untuk memilih pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, bupati dan wakil bupati Banggai pada pilkada serentak tahun ini.
Pasangan calon Gubernur Sulteng berjumlah 2 pasang, dan pasangan calon bupati banggai sebanyak 3 pasang. Dari hasil perolehan suara di lapas kemarin, Samuda menyebutkan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulteng masih diungguli oleh pasangan nomor urut 2, Drs H Longki Djanggola-H Sudarto, dengan perolehan hasil suara sebanyak 171 orang. Sementara pasangan calon gubernur/wakil gubernur nomor urut 1, H Rusdy Mastura-H Ikwan Datu Adam, hanya meraih suara sebanyak 85 orang. “Jumlah suara sah ada 256, suara tidak sah 16 suara. Jadi total suara sah dan tidak sah berjumlah 272,” ujarnya. Begitu juga, lanjut dia dengan perolehan hasil suara pasangan calon bupati/wakil bupati banggai. Disebutkan, pasangan calon bupati Ma’mun-Batia masih mengungguli dua kandidat lainnya, Sofhian Mile dan Herwin Yatim.
“Paslon nomor urut 1 meraih suara 30 orang, nomor urut 2 sebanyak 180, dan nomor urut 3 ada 58 orang. Suara sah berjumlah 268, tidak sah 4. Jadi totalnya 272,” terangnya. (tr-33)

About uman