Home » Metro Luwuk » Traffic Light Modern di Perempatan Cokro
Traffic Light Modern di Perempatan Cokro
Pembangunan traffic light di perempatan jalan Hos Cokroaminoto bakal menjadi rambu lalu lintas modern pertama di kota Luwuk. Berikut proses pengerjaan traffic light, Senin (7/12).

Traffic Light Modern di Perempatan Cokro

LUWUK-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menyahuti keluhan sejumlah pengguna jalan selama ini. Dimana traffic light yang ada dinyatakan telah ketinggalan zaman. Kini, traffic light modern mulai dibangun di perempatan jalan Hos Cokroaminoto untuk membantu petugas mengatur arus lalu lintas.
Tiang rambu lalu lintas telah terpasang, kini pengerjaannya telah memasukit tahapan akhir yakni pemasangan lampu rambu. Traffic light tersebut dikatakan modern karena selain menggunakan tenaga listrik, juga menggunakan tenaga surya. Sehingga, bisa mengantisipasi keluhan pengguna jalan ketika listrik PLN padam.
Konsepnyapun berbeda, Selain menggunakan lampu led yang berbeda dengan dua traffic light sebelumnya, Dishub juga menambahkan timer (penghitung waktu mendur,red) dan teks berjalan yang berisi himbauan kepada pengguna jalan.
Sesuai dengan jadwal yang ditentukan Dishub, pembangunan traffic light tersebut direncanakan akan selesai pada tanggal 20 Desember ini.
Sebelumnya, trafel light yang anggarannya di ambil dari Dana Alokasi Umun (DAU) sebesar 443 juta ini rencananya akan di bangun di perempatan jalan Karaton. Namun, hal tersebut terkendala dengan status jalan yang merupakan jalan Nasional. Sedangkan jalan yang seharusnya dibuatkan traffic light oleh Pemda Banggai adalah jalan kabupaten.
Pardi, kepala bidang perencanaan program Dinas Perhubungan (Dishub ) Kabupaten Banggai mengatakan, sesuai dengan usulan beberapa pihak, keputusan untuk pembangunan traffic light tersebut disepakati di perempatan cokro. “Kami bangun traffic light di perempatan cokro saat ini bukan tanpa alasan. Namun, dasar dari pembangunan tersebut dilihat dari banyaknya kendaraan yang saat ini mulai memadati kota luwuk. Dan salah satu wilayah yang saat ini merupakan wilayah padat kendaraan adalah perempatan cokro,” ungkapnya, Senin (7/12).
Ia juga menjelaskan bahwa Dishub akan terus mengupayakan pembangunan rambu lalu lintas itu di beberapa ruas jalan yang mulai padat. Namun, pelaksanaannya belum bisa dipastikan karena bergantung kesiapan anggaran pemerintah nantinya. (tr-35)

About uman