Home » Banggai Laut » Syarif Uda’a Bantah Surat Suara Aspal
Syarif Uda’a Bantah Surat Suara Aspal
Syarif Uda'a

Syarif Uda’a Bantah Surat Suara Aspal

BANGGAI-Ketua KPUD Balut, Syarif A. Uda’a, A.Md membantah pernyataan yang menyebutkan telah beredar 7000 surat suara palsu di beberapa TPS. Menurutnya, statemen tersebut tidak beralasan dan membuat resah warga. Dalam wawancara bersama awak media ini, Senin (7/11), Syarif menyatakan bahwa pengadaan surat suara pemilukada Balut senantiasa dikawal KPUD Balut dengan melibatklan unsur aparat keamanan dan panwaslih setempat sejak dari proses pencetakannya, penyortiran di Sekretariat hingga pendistribusiannya.”Jadi kecil sekali kemungkinan itu terjadi,” sebutnya.
Menurut Syarif, memang saat pencetakan surat suara di pabrik, sempat ada kelebihan 1200 lembar surat suara namun saat itu juga telah dimusnahkan dengan disaksikan panwas dan petugas dari Kepolisian.
Ditambahkannya bahwa sebelum didistribusikan, pihaknya telah memastikan terlebih dahulu jumlah dan kelengkapan logistik di tiap kotak suara. Setelah semuanya beres, kotak suara dimaksud dipasangkan gembok bersegel dan tidak bisa lagi dibuka hingga tiba saat pemungutan suara di TPS.
“Jadi saya pastikan bahwa seluruh logistik pilkada dalam keadaan aman dan sesuai ketentuan yang ada. Kalaupun ada pihak-pihak tertentu mencoba untuk mengutak-atiknya pasti akan ketahuan dan bisa segera diantisipasi,” sergahnya.
Meski tidak menampik kemungkinan adanya pihak lain atau salah satu paslon yang dapat saja mencetak dan menyebarkan surat suara palsu, namun Syarif Uda’a mengatakan bahwa hal itu sifatnya spekulatif dan tetap saja akan ketahuan.
“Jadi kami berharap agar warga Banggai Laut  tetap tenang dan tidak mudah terpancing. Mari bersama kita kawal pemilukada ini menuju pemilihan yang demokratis dan bermartabat,” pungkasnya. (Sbt)

About uman