Home » Berita Utama » MUTIARA Klaim Menang di Pilkada Banggai
MUTIARA Klaim Menang  di Pilkada Banggai
Media Survei Indonesia menggelar konpfensi pers bersama wartawan, Senin (7/12) terkait prediksi pemenang calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Banggai 9 Desember 2015 mendatang.

MUTIARA Klaim Menang di Pilkada Banggai

LUWUK – Media Survei Indonesia (MSI), lembaga riset yang terdaftar di KPU dengan nomor 013/LS-LHC/KPU RI/II/2014 kembali memprediksikan kemenangan pasangan calon bupati Ma’mun Amir dan calon wakil bupati Batia Sisilia Hadjar. Pasangan dengan nomor urut dua itu disebut bakal memenangkan pilkada Banggai Rabu (9/12) besok.
Direktur MSI Asep Rohmatullah mengatakan,  pasangan Ma’mun-Batia akan menang secara meyakinkan atas 2 kandidat yang lain. Menurutnya, pasangan dengan tagline Mutiara ini diprediksi akan meraih suara antara 40 sampai 55 persen.
MSI juga memprediksi dukungan untuk pasangan calon bupati Sofhian Mile dan calon wakil bupati Sukri Djalumang akan mendapatkan suara sekira 25 sampai 40 persen.
“Sementara, paslon Herwin-Mustar diprediksi hanya akan memperoleh 10 sampai 25 persen suara,” jelas mantan peneliti senior LSI Denny JA ini saat konfrensi pers bersama wartawan, Senin (7/12).
Ia menyatakan, prediksi ini berdasarkan pada hasil survei terbaru yang dilakukan oleh MSI pada tanggal 28 November-3 Desember 2015. Survei menggunakan sampel sebanyak 880 responden yang diambil secara acak dari DPT Kabupaten Banggai dengan metode Multistage Random Sampling (MRS). Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan responden dari seluruh kecamatan yang ada.
“Quality control melalui monitoring dan spotcheck 20 persen  dari total sampel. Survei ini memiliki margin of error ± 3,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” ujarnya.
Kemenangan pasangan Ma’mun-Batia, kata Asep, dikarenakan popularitas Ma’mun dan Batia paling efektif dibandingkan kandidat lainnya. Karena pasangan kandidat ini lebih banyak disukai, Ma’mun Amir dikenal luas oleh 98,5 persen dan disukai 79,2 persen pemilih. Sementara, pengenalan Batia Sisilia Hadjar sudah mencapai 97,9  persen dandisukai 78,3 persen.
Pemilih Militan Mutiara Tinggi
Selain popularitas dan tingkat kesukaan yang tinggi,  pemilih militan (strong supporters) Ma’mun- Batia sudah mencapai angka 38 persen. Angka ini jauh mengunguli pemilih militan Sofhian-Sukri 26,9 persen  dan Herwin-Mustar yang hanya 10 persen.
“Pemilih militan ini amat menentukan kemenangan kandidat nantinya, karena saat survei dilakukan mereka mengaku tidak akan mengubah pilihannya sampai voting day nanti,” ujarAsep.
Dalam dua hari ke depan, menurut Asep, tantangannya bagaimana mendorong partisipasi warga hingga angka golput (tidak memilih, red) dapat ditekan serendah mungkin. “Dengan tingginya partisipasi pemilih, kemenangan Ma’mun-Batia itu akan semakin mendapatkan legitimasi,” pungkas peraih gelar Master Manajemen Komunikasi Universitas Trisakti ini pada sejumlah wartawan.(bd)

About uman

One comment

  1. BODOK KON SO GILA !! TAU MENANG DARI MANA wkakwakakwkakwawka