Home » Ampana » APK Dilarang, Branding Dilegalkan
APK Dilarang, Branding Dilegalkan
Kini surat suara telah tiba di TPS-TPS untuk digunakan dalam votting day , Rabu (9/12).

APK Dilarang, Branding Dilegalkan

AMPANA – KPU, Panwasli, dan Satpol PP Tojo Una mulai bersih-bersih alat peraga kampanye (APK). Gerakan itu dimulai sejak Minggu (6/12) hingga Selasa (8/12) pada 12 kecamatan karena Rabu (9/12) telah memasuki votting day.
Divisi Pengawasan dan Pelaporan Panwasli, Drs Abas mengatakan, APK yang ditertibkan mulai dari baliho, umbul-umbul, dan stiker pada kendaraan. Namun, untuk branding mobil tetap dibiarkan. “Tapi kami beri imbauan kalau branding mobil jangan dulu digunakan saat pencoblosan. Ini demi keamanan kita,” ujar Abas, kemarin (7/12).
Hanya saja, kata Abas, untuk APK pada sekretariat pasangan calon (paslon) tidak akan ditertibkan, selain itu pasti dibersihkan. “Kalau hanya APK yang di posko-posko pemenangan, warung-warung kopi itu dibersihkan. Kalau Sekretariat kami masih membijaksanai,” katanya.
Hanya saja, soal poster sosialisasi Panwasli menginkan agar ikut ditertibkan. Apalagi, yang menempela pada SKPD. Tetapi, KPU justru membolehkan dengan dalih tidak ada diskriminasi karena semua paslon tercantum.” Tapi yang namanya pembersihan harus steril,” tandasnya.
Distribusi Surat Suara
Kerja-kerja penyelenggara Pilkada semakin berat. Selain membersihkan APK, surat suara pun harus didistribusi. Menurut Abas, kini seluruh kertas suara pilgub dan pilbup telah tiba di PPK. Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan pengiriman di PPS untuk disebar pada TPS-TPS. “Hari itu ada di PPK, langsung digeser ke PPS,” tandasnya.
Abas juga memastikan, tidak ada kertas suara yang beredar dimasyarakat selain yang dicetak oleh KPU Tojo Una-una, sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi penggelumbungan suara. “Panwasli, Kepolisian mengawal dengan ketat pendistribusia,” jelasnya.
Abas merinci, setiap TPS terdapat dua kotak suara, yakni untuk pilgub dan pilbup. “Kami juga memantau kemarin ditiga kecamatan, dan ada teman dari Panwasli yang juga ikut kepulauan untuk kawal distribusi,” urainya. (ali)

About uman