Home » Politik » Sekjen Bawaslu RI Turun ke Banggai
Sekjen Bawaslu RI Turun  ke Banggai
Dariyanto Sangkota

Sekjen Bawaslu RI Turun ke Banggai

LUWUK—Pengawasan pelaksanaan voting day Pilkada serentak di kabupaten Banggai nampaknya bakal berlangsung ketat. Pasalnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, direncanakan akan turun melakukan monitoring langsung ke tanah Babasal.
Kepala Sekretariat Panwasli kabupaten Banggai, Dariyanto Sangkota menyampaikan, kedatangan Gunawan diagendakan pada tanggal 8 Desember hingga selesainya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 9 Desember mendatang. Gunawan tak sendiri, Dariyanto kembali menginformasikan, sejumlah unsur pimpinan Bawaslu RI juga akan turun melakukan pengawasan.
“Itu informasi dari Bawaslu RI. Jika tak ada aral melintang agenda tersebut tak akan berubah,” kata Dariyanto, Sabtu (4/12).
Sejak beberapa bulan terakhir, kabupaten Banggai memang menjadi salah satu daerah yang mendapat sorotan institusi pengawasan pemilihan, mulai dari Bawaslu tingkat provinsi hingga pusat. Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan keterlibatan sejumlah komisioner Bawaslu RI merespon konstelasi politik Banggai jelang Pilkada serentak.
“Selain karena meningkatnya intensitas pelanggaran Pilkada yang ditandai banyaknya laporan masuk. Alasan kedatangan Bawaslu RI adalah akses ke daerah ini yang mudah. Jadi Bawaslu RI akan konsentrasi pada tugas-tugas pengawasan pemungutan dan penghitungan suara,” jelas dia.
Sementara itu, Ketua Panwasli kabupaten Banggai, Alwin Palalo mengatakan, indikator lain kedatangan Bawaslu RI adalah merespon persoalan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Laporan sekecil apapun yang selama ini dikantongi menjadi catatan Panwasli yang telah dikoordinasikan dengan pimpinan provinsi hingga pusat.
“Jangan kira laporan ini selama ini mentah. Ini menjadi catatan penting bagi Panwas. Ini juga menjadi salah satu jawaban terhadap imbauan serta peringatan yang disampaikan Panwasli. Kami telah mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melanggar aturan tapi masih ada juga yang terkesan acuh,” kesal dia.
Diharapkan, dengan kehadiran Sekjen serta jajaran unsur pimpinan Bawaslu RI menjadi perhatian seluruh pihak untuk tidak melakukan indikasi kecurangan saat pelaksanaan voting day Pilkada Banggai 9 Desember nanti.(man)

About uman