Home » Politik » 3 Paslon Diduga Melanggar
3 Paslon Diduga Melanggar
Alwin Palalo

3 Paslon Diduga Melanggar

LUWUK—Tahapan kampanye akbar Pilkada Banggai tahun ini telah selesai dilakukan oleh seluruh paslon peserta, yakni Smile-Suka, Mutiara dan Win-Star. Namun, dibalik pelaksanaannya, Panwasli kabupaten Banggai mencatat dugaan pelanggaran sama yang dilakukan ke tiga paslon.
“Pelanggarannya keterlibatan anak-anak yang belum memenuhi syarat sebagai wajib pilih,” ungkap Ketua Panwasli kabupaten Banggai, Alwin Palalo, Jumat (4/12).
Itu terlihat saat sejumlah anak menggunakan atribut paslon serta menyerukan yel-yel pemenangan. Larangan tersebut telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2015 pasal 13 dijelaskan, peserta kampanye adalah yang memenuhi syarat.
Namun, untuk menindaklanjuti persoalan itu, Panwasli masih konsentrasi pada laporan yang dianggap prioritas. Meski begitu, Alwin menegaskan, akan memproses indikasi tersebut berdasarkan peraturan yang berlaku.
“Persoalan ini jangan dianggap sepeleh. Ini akan menjadi catatan Panwas kedepan terkait track record kandidat. Ini juga bisa mejadi pertimbangan terhadap revisi regulasi yang dianggap lemah,” katanya.(man)

About uman