Home » Berita Utama » Herwin: 3 Itu Angka Harmonis
Herwin: 3 Itu Angka Harmonis
Herwin Yatim dan Mustar Labolo menyapa dan berorasi di depan ribuan massa yang memadati lapangan Persibal Luwuk, Kamis (3/12).

Herwin: 3 Itu Angka Harmonis

LUWUK – Sebagai pasangan calon (paslon) peraih nomor urut 3 di Pilkada Banggai tahun ini, Herwin Yatim nampaknya menyukuri hal itu. Bagi Herwin, 3 merupakan angka harmonis dalam membangun infrastruktur pemerintahan yang baik antar lembaga. Eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dalam melaksanakan fungsi pemerintahan dan pembangunan daerah, ke tiga lembaga itu, kata Herwin, harus memiliki hubungan yang harmonis.
“Jika nantinya Win-Star diberi kepercayaan untuk memimpin kabupaten Banggai 5 tahun kedepan, hubungan itu perlahan akan kami bangun dan terapkan. Tapi, untuk membangun daerah pemerintah juga membutuhkan kerjasama dan dorongan seluruh rakyat kabupaten Banggai. Jadi bukan hanya 1 atau 2 orang kebawah, melainkan 3 orang ke atas untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita kita bersama,” tutur Herwin dalam orasi politiknya saat kampanye akbar Win-Star di lapangan Persibal Luwuk, Kamis (3/12).
Konsep pemerataan kualitas pembangunan serta kesejahteraan rakyat melalui peningkatan ekonomi dari segala sektor memang menjadi komitmen Win-Star. Dan jika berhasil memenangkan Pilkada serentak tahun ini, 100 hari pasca pelantikan program kerja yang akan dilakukan Win-Star adalah menempatkan pelayanan mendasar kepada rakyat tentang pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran mulai dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan.
“Sebab itu merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang memiliki multifungsi. Selain itu, kami juga akan membenahi sistem pelayanan dan manajemen PDAM agar jaringan air dapat tersuplay ke seluruh masyarakat. Ini adalah masalah yang telah berlarut dan dirasakan rakyat sejak 20 tahun terakhir,” ungkapnya.
Bulan Agustus lalu, lanjut Herwin, Presiden RI Joko Widodo datang mengunjungi Kabupaten Banggai untuk meresmikan megaproyek industri gas yang telah menanamkan investasinya di daerah sebesar Rp 70 triliun. Bagi Win-Star, Rp 70 triliun harus dapat dinikmati rakyat.
“Itu sudah menjadi keharusan untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Keikutsertaan Win-Star pada Pilkada kali ini supaya kedepan hadir untuk menjadi pelayan masyarakat. Insya Allah, dimana dan kapanpun Win-Star akan mengabdikan hidup dan kehidupannya untuk melayani masyarakat. Kami tidak mau banyak berjanji, tapi ketika amanah itu diberikan adalah komitmen kerja nyata yang akan kami lakukan,” tandasnya.
ANTUSIAS
Sementara itu pelaksanaan kampanye akbar Win-Star di lapangan Persibal Luwuk disambut penuh antusias masyarakat, Kamis (3/12). Berbagai tanggapan diungkapkan warga yang diantaranya menilai, meledaknya simpatisan Win-Star pecahkan rekor massa pendukung paslon peserta Pilkada Banggai lainnya. Setidaknya, itu terlihat saat puluhan ribu simpatisan membanjiri lapangan dan komplek lapangan Persibal.
“Biar mo gabung pendukungnya paslon lain tidak bisa ditandingi simpatisannya Win-Star. Pokoknya pica dan meledak,” ungkap Safrin Mindal, salah seorang warga, kemarin.
Ia optimistis, kondisi tersebut merupakan tanda-tanda kemenangan Win-Star. Meski hanya dimodali makan minum tanpa iming-iming uang warga rela berpanas-panasan untuk hadir pada momentum penting tersebut. Itu kata dia, wujud dari keterpanggilan rakyat terhadap sosok calon pemimpin amanah untuk membawa perubahan besar daerah ini ke depan.
“Apanya lagi yang diragukan. Tak perlu banyak tanggapan, yang penting 9 Desember harus menangkan Win-Star,” katanya.
Sementara itu, Isal, salah seorang warga Pagimana sangat mengapresiasi setelah mendengar rencana 100 hari pertama program kerja Win-Star jika menang pada Pilkada Banggai tahun ini.
“Melihat kondisi pemerintah saat ini yang tidak terlalu memperhatikan kebutuhan masyarakat, khususnya pengadaan Air bersih di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Banggai, sangatlah pantas ketika dalam masa kerja 100 hari pasangan calon tersebut memprogramkannya,” ungkapnya.
Isal juga menambahkan, kurangnya air bersih saat ini bisa dilihat di Kecamatan Pagimana saat ini, khususnya di daerah Jaya bakti. Air bersih untuk 1 jergennya 20 liter bisa mencapai Rp 5 ribu. “Dari tahun-tahun sebelumnya, Jaya Bakti memang selalu kekurangan air bersih. Namun, seharusnya masalah ini tidak dibiarkan berlarut-larut. Harus ada respons dari pemerintah saat ini untuk meningkatkan pendistribusian air bersih, agar warga Jaya Bakti tidak kesulitan lagi,” pungkasnya.
Untuk itu, kata Isal, sangatlah tepat jika pasangan calon Bupati Banggai Erwin Yatim dan Mustar Labolo memasukkan air bersih dalam 100 hari masa kerjanya jika ia terpilih nanti. “Saya sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program 100 hari masa kerja Winstar yang memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Banggai. Untuk itu, kami akan mendukung sepenuhnya Winstar dalam pemilihan 9 Desember mendatang,” tutupnya.(man/tr-35)

About uman