Home » Ekonomi » Overload, Jaringan Indosat Lelet
Overload, Jaringan Indosat Lelet
Indosat belum mampu memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan.

Overload, Jaringan Indosat Lelet

LUWUK—Gangguan jaringan telekomunikasi seluler Indosat dikeluhkan para penggunanya. Persolan ini menjadi bahan gunjingan di kalangan masyarakat akibat rendahnya kualitas jaringan yang diraskan sangat mengganggu komunikasi.
“Ini jaringan Indosat bikin naek darah. Dari kamarin sulit skali ba kirim sms. Kalau ini hari ba kirim sms nanti depe besok baru bisa diterima,” keluh Asri (18), salah satu pelanggan Indosat yang ada di Kota Luwuk.
Menanggapi hal tersebut, Muh. Afief U. Panrelli, Tehnikal Operation (TO) Kantor Indosat cabang Luwuk mengatakan, tidak stabilnya jaringan Indosat saat ini dikarenakan jumlah pelanggan yang sudah melebihi kapasitas. “Banyaknya pengguna Indosat di kota Luwuk saat ini membuat jaringan kadang terganggu. Karena, kapasitas pelanggan yang dimiliki saat ini boleh dikatakan Overload, atau melebihi kapasitas tower yang ada,” ungkapnya, Selasa (1/12).
Ia juga menambahkan jika kuota penggunaan pelanggan melebihi kapasitas, otomatis akan overload, karena kapasitas yang dimiliki oleh indosat Luwuk saat ini masih kecil. “Saat ini Indosat Luwuk belum menggunakan 3G,” tambahnya.
Selain itu, putusnya beberapa jaringan fiber optik telkom di beberapa wilayah, khususnya di Balingara, juga menjadi salah satu faktor terjadinya gangguan jaringan. “Saat ini kami masih nebeng di Telkom. Jadi, apabila jaringan Telkom putus, otomatis jaringan kami juga ikut putus. Sebab, BTS yang kami miliki saat ini masih menyewa ke Telkom,” ujarnya.
Sejauh ini, Indosat masih berupaya untuk melakukan mordenisasi jaringan. Namun, pihak Indosat cabang Luwuk belum tau pasti kapan akan dilaksanakan. “Untuk modernisasi jaringan, kedepannya kami akan tetap upayakan. Namun, saya belum dapat pastikan kapan itu akan dilakukan. Sebab, pengambil keputusan bukan berada di tangan saya,” tutupnya. (tr-35)

About uman