Home » Metro Luwuk » Tekankan Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban
Tekankan Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban
Pemateri dari Badan Kesbangpol kabupaten Banggai, Hesly Mandei dalam sosialisasi FKP menyeruhkan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Selasa (1/12).

Tekankan Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban

PAGIMANA—Melalui sosialisasi Forum Pembaruan Kebangsaan (KPK), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Banggai menekankan masyarakat untuk saling merangkul antar suku, budaya, ras dan umat beragama.
Bertempat di kecamatan Pagimana, kegiatan tersebut dihadiri pemerintah kecamatan, lurah, kepolisian setempat, KUPT, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya, Selasa (1/12).
Mewakili Kepala Badan, salah satu Kepala Bagian Kesbangpol, Hesly Mandei selaku pemateri menyampaikan, sesuai peran pemerintah daerah dalam pembentukan forum bahwa, pembauran kebangsaan merupakan proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis melalui iteraksi sosial.
“Interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian yang dapat mewujudkan kebangsaan indonesia tanpa harus menghilangkan identitas masing-masing dalam kerangka NKRI,” terang dia, Selasa (1/12).
Dengan kondisi bangsa yang majemuk, lanjut Hesly, sangat mudah untuk diprovokasi, karena itu FPK di tuntut untuk berperan aktif dalam meminilisir potensi konflik antar etnis dan ras.
Sementara itu, dalam sambutannya, Camat Pagimana, Syafrudin Hinelo menuturkan, kegiatan tersebut berdampak positif untuk menumbuhkembangkan rasa persaudaraan untuk terciptanya keamana dan ketertiban diwilayah masing-masing.
“Semua instrumen yang ada di wilayah kecamatan Pagimana di tumbuhkembangkan dalam satu bangsa, satu bahasa dalam kebersamaan,” pungkasnya.(anto)

About uman